• Selamat menjalankan ibadah puasa

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • Sebarkan senyum dan sapa selalu di setiap kesempatan

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • Jangan lupa juga rawat toleransi atas keberagaman

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • Insya Allah berkah

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • Untuk menggapai yang fitri (suci) di hari yang fitri

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Thursday 26 May 2016

Cara Menggunakan Fungsi Statistik (Tugas ICT Excel)




          
Inspirasi Kita.com - Berikut ini saya akan membantu teman-teman menggunakan Microsoft Excel cara menggunakan fungsi statistik, di antaranya  Max, Min, Average, dan Countif

Max, Min dan Average

1. Nilai tertinggi atau Max, ketik "= max(nilai akhir)” langsung enter. Biar lebih jelas lihat gambar:

2. Nilai Terendah atau Min, ketik saja "=min(nliai akhir)" lalu enter :


3.  Sebenarnya untuk “Average” sama seperti di atas, ketik " =average(H6:H10)", lalu enter.

4. Sedangkan Fungsi “Countif” digunakan untuk menghitung banyaknya data. Lihat gambar:

Untuk menghitung orang yag suka membaca ketik "= Coutif(E7,E6:E16)", lalu enter.
Semoga bermanfaat Gan,...  :D
Share:

Wednesday 25 May 2016

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup dan Hlookup


Inspirasi Kita.com - ke gan.  Kali ini saya akan memosting mengenai cara menggunakan Fungsi   VLOOKUP dan HLOOKUP (LOOKUP) pada Microsoft Excel.

VLOOKUP
Gunanya yaitu mengambil data dari table dalam bentuk “Vertikal” . Berikut Formatnya gan:
a) Buka dulu Microsoft Excel, gan J, ini semisal data yang ikut Les Bahasa Inggris,
b) Untuk mengisi kolom “Nama Software”, ketik saja =vlookup(B3,Kolom Tabel dan                              Harga+F4,2,0) lalu tkan enter. Lihat Gambar




c)  Kemudian untuk mengisi “harga satuan”, ketik = vlookup(D3,Kode table dan Harga+F4,3,0), lalu enter. Seperti gambar di bawah ini:


Lanjut ke tutorial berikutnya , cara menggunakan rumus fungsi “Hlookup:
a Untuk mencari “kolom keterangan “, maka ketik =hlookup(B4,Tabel acuan+F4,2,0), lalu tekan      enter. Amati gambar dengan teliti.


Share:

Thursday 19 May 2016

Cara Buat Daftar Isi dan Penomoran otomatis (Tugas 2, ICT)

Inspirasi Kita.com - Berikut adalah tutorial membuat daftar isi yang cepat sekaligus penomorannya. Jadi berapa puluh atau ratus halaman skripsi yang Anda buat akan nomor halaman akan bertambah dengan sendirinya tanpa diketik:

Membuat daftar isi:
Pertama buka dulu Ms. Word dan setting kertasnya. Lalu ketik saja daftar isi skripsi atau tugas akhirmu dan blog semua tulisannya, lihat gambar:


Yang kedua, atur inden pada ruler , tekan yang saya lingkari hijau. Jadi untuk titik-titiknya tidak perlu dietik secara manual. Cukup tekan tombol “Tab” saja:



Mudahkan,
Lalu gimana untuk membuat penomoran halaman, simak aja berikut:
Yang pertama, buat 6 halaman dengan menggunakan “Page Breaks” pada menu “Layout”, lihat gambar :


Yang kedua, buat dua section, caranya klik saja “Line Numbers” pada menu “Page Layout” lalu pilih “Line Numbering Page” kemudian centang “Different First Page” tujuannya agar halaman pertama tidak ada urutan nomornya. Lihat gambar:




      Yang ketiga, letakkan kursor pada pojok atas halaman 4, kemudian klik “Page Break” lalu pilih “Next Breaks”. Fungsinya agar section 2 dst adalah dalam satu jenis penomoran. Lihat gambar:

      Yang keempat yaitu, untuk membuat penomran angka romawi dan angka biasa, pilih “Page Number” pada menu “Desain”(akan muncul saat kamu klik header and footer). Pilih saja “Format Page Number” kemudian pilih saja format angka yang diinginkan pada “Number Format”.



                                                                                                                  
Share:

Monday 9 May 2016

Belajar Memanusiakan Manusia dengan Teori Pembelajaran Holistik



Inspirasi Kita.com - Baik Gaes. Pada postingan kali ini saya akan memosting lagi matei kuliah yang diampaikan dosen saya mengenai Ilmu Pendidikan. Lagi-lagi saya ulangi Gaes I’tikad saya. Jika belajar tak harus dari sekolah formal. Maka berawal dari sini saya ingin berbagi dengan kawan-kawan semua.

Pernahkah kamu dengar bahkan tahu tentang Teori Pembelajaran Holistik? Oke tak usah berlama-lama. Akan saya bahas dengan sederhana saja maknadari holistic yakni menyeluruh. Kaitannya dengan belajar holistik, berarti untuk mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh untuk mencapai level tertentu.

Misal begini Gaes. Setiap peserta manusia mempunyai kemampuannya masing-masing. Baik itu aspek, fisik, emosional, kognitif(intelektual), sosial, estetika( seni) dan spiritual. Jadi tujuannya yaitu untuk menumbuhkembangkan dan menjadikan manusia benar-benar manusia (manusia seutuhnya).  Lha setelah potensi tadi terkelola dengan baik  diharapkan dapat bermanfaat dan interkonektif bagi personal orang tadi, lalu bermanfaat ke level komunitas (keluarga, teman-teman), kemudian sosial(umat manusia), naik lagi ke level  planetial (lingkungan alam), bahkan diharapkan bisa bermanfaat ke level komik (semesta raya).


islami.co

Kalau kita melihat kenyataan langsung Gaes di dunia nyata. Khususnya di Indonesia, banyak orang yang pintar(intelktualnya tinggi) tapi korupsi atau skillnya bagus malah suka berantem. Yaitu tadi karena mereka hanya memfokuskan sebagian saja dari potensi-potensi yang ada pada diri mereka sendiri. Tidak belajar holistik.

Pada akhirnya di dunia ini saling terkait gaes. Semisal begini, terjadi kesenjangan antara rakyat bodoh dan miskin (belum mengembangkan potensinya) dengan pintar dan kaya (saya ibaratan ini sudah mengembangkan potensinya). Jika jarak kesenjangan si Miskin dan si Kaya terlau jauh, maka produktivitas suatu masyrakat akan buruk. Itu sebabnya meski negara Indonesia banyak pengusaha, konglomerat tapi tragedi kemanusian sering terjadi. Karena kesenjangan, anatara si Miskin dan si Kaya. Ini contoh Gaes. Masih banyak kasus sebenarnaya :)

Saya ibaratkan lagi begini Gaes. Anda seorang pendidik yang baik, anti korupsi,  jujur amanah dan berkualitas di tempat lain ada Si A pendidik yang bermental korup, khianat dan tak displin. Di sisi lain Anda mengajarkan anti korupsi kepada orang, di sisi lain ada orang yang mengajari untuk korupsi. Kalo disederhanakan orang anti korupsi  berjalan, di sisi lain bajingan yang korupsi tambah banyak. Berbeda jika kesenjangan itu tipis.

Saya simpulkan lagi Gaes. Pembelajaran Holistik itu didasaran pada premis bahwa setiap individu mempunyai potensi untuk menemukan jati diri, makna dan tujuan hdup yang sejati. Dengan premis tersebut, pembelajaran holistik berusaha membangkitkan dan membangun semaksimal mungkin seluruh potensi yang dimiliki individu secara intrinsik, utuh dan seimbang mencakup spiritual, moral, imajinasi, intelektual, budaya estetika, emosi dan fisik yang semuanya diarahkan pada kesadaran tentang hubungannya dengan sesama manusia, alam dan Tuhan yang merupakan sumber dan tujuan akhir semua kehidupan. :D

Namun selain banyak manfaat dai Teori Pembelajaran Holstik, trdapat juga kelemahannya, Gaes. Di holistic orang harus belajar keseluruhan. Otomatis ada potensi tertentu yang kurang tajam dan special. Hehe kalau itu mah, yang lebih tahu Gaes untuk segera berbenah diri.


Hehe sebenernya saya juga merinding Gaes, nulis Teori pembelajaran kayak gini. Belum tentu yang nulis ini juga udah ngerjainnya. Tapi mau gimana lagi Gaes, niatnya untuk sharing kok. Dari apa yang saya dapat di kuliahan, kan gak harus sekolah buat dapat ilmu .


Sumber gambar sampul: www.satumedia.net






Share:

Saturday 7 May 2016

Cerita Duka di Hari Pendidikan Nasional



          


Inspirasi Kita.com - Gan, kamu pernah nonton film kanibal. Itu yang hobinya memangsa orang hehe Kira-kira itulah sikap manusia yang asli jika akal dan nuraninya sudah gelap. Memang ada banyak faktor dalam hidup, semisal budaya, politik, kesehatan, psikologis, sosial dan ekonomi. Di era yang serba sulit ini faktor ekonomi bisa menjadikan manusia memangsa manusia itu sendiri, dalam artian bertindak kejam dan sadis terhadap sesamanya bahkan membunuhnya. Ngeri banget, Gan.

Berikut akan saya kisahkan lagi, Gan. Kronologi kisah tragis di Hari Pendidikan Nasional. Saat ribuan mahasiswa berdemo tepat di kantor rektorat Universitas Gajah Mada (UGM) sedang menuntut relokasi kantin Bombin dan menuntut UKT yang tidak sesuai. Alangkah terkejutnya, sekitar pukul 17.00 petugas sekuriti menemukan mayat seorang wanita di dalam toilet wanita di kampus FMIPA UGM lantai 5.

Dia adalah Feby Kunia Nuraisyah Siregar, mahasiswa semester dua jurusan FMIPA UGM. Kejadiannya bermula ketika gadis berumur 19 tahun  pergi ke kampus pagi-pagi sekali, yaitu hari Kamis, 28 April 2016 sekitar pukul 06.00 WIB di kampus FMIPA UGM lantai 5 ruang 507. Lalu korban pergi ke kamar mandi (toilet wanita), sedangkan pelaku yang bernama R. Eko Agus Nugroho yang sedang membersihkan ruang 507 menyusulnya ke dalam kamar mandi, tanpa basi-basi dulu (mungkin perkenalan atau apa gitu, Gan) langsung mencekik leher korban hingga meninggal dunia.

Setelah korban benar-benar meninggal, pelaku membopong korban ke kamar mandi paling ujung di lantai 5. Lalu pelaku menutup kepala korban dengan kerudung setelah meletakkan mayat korban di lantai kamar mandi (toilet wanita). Entah apa yang ada di kepala pria yang sehari-hari bekerja sebagai cleaning service itu, tidak hanya membunuh ia juga mengambil barang korban berupa, dua HP Samsung, Powerbank dan STNK dalam tas korban serta kunci motor dari saku korban. (Kalo dihitung-hitung barang yang diambil tidak banyak-banyak amat ya, Gan)

Untuk menutupi kelakuan buruknya, pelaku mengunci korban di dalam kamar mandi. Pelaku bertemu saksi yang bernama Mirna, seorang petugas pembersih toilet. Ia berpesan kepada Mirna agar jangan membuka ujung toilet wanita dengan dalih kerannya rusak. Pelaku melanjutkan pekerjaannya sebagai cleaning service sampai pukul 08.30 WIB.

1.bp.blogspot.com

 Keesokan harinya harinya pria asal Pleret Bantul itu tetap masuk kerja seperti biasa pada pukul 04.30 WIB . Saat bertemu Mirna pelaku kembali berpesan sama agar jangan sampai toilet yang ujung. Setelah itu pelaku pergi ke Terminal Giwangan untuk mengembalikan motor yang kemarin ia taruh di Terminal Giwangan, Bantul Yogyakarta untuk dikembalikan di parkiran sebelah utara fakultas.

Sebenarnya dari pihak teman dan keluarga korban berusaha untuk menghubungi korban. Betapa terkejutnya yang mengangkat adalah seorang lelaki. Dan memang benar, pelaku membenarkan pelaku sempat menjawab SMS dari ibu korban dan telepon temn korban yang mencari.

Keterangan Sat. Reskrim Polres Sleman menyatakan pelaku mengakui tega melakukan tindakan laknat tersebut karena kepepet tak punya uang.

Demikianlah, rangakaian cerita berdasarkan sumber berita. Alangkah beratnya hidup orang-orang di sekekliling kita. Jangan terlalu sering melihat ke atas, Gan. Ntar pas nglangak kesandung batu jatuh deh hehe.


www.merdeka.com

Kisah di atas mengingatkan kita, hanya demi uang yang tak seberapa, orang tega memangsa darah sesamanya. Sedang di seberang sana ada yang lebih sadis, tidak hanya memangsa, namun menguliti, mencekik, memasung  sesama manusia secara massif untuk menuruti kebejatan nafsunya. Parahnya mereka masih duduk mengangkang di balik singgasananya sana.

Semoga kita jadi lebih mawas diri dan introspeksi diri, nggeh Gan.


Sumber gambar: indonesiana.tempo.co
Share:

Thursday 5 May 2016

Teori-Teori Pembelajaran (Behavioristik, Kognitivistik, Konstruktivistik dan Humanistik)



Inspirasi Kita.com - Salam sejahtera, gan. Semoga kesejahteraan selalu terlimpah bagimu semua. Kali ini saya mau sedikit postingan yang berbeda, gan. Hehe agak serius wkwkw. Sebenarnya ini merupakan sekelumit bahan belajar Ilmu Pendidikan yang merupakan salah satu mata kuliah saya. Saya ingin bagikan buat belajar kita semua, termasuk agan-agan. Karena belajar tak harus tersekat tembok dan kursi pendidikan formal.  Selamat belajar, Gan. Inilah dia uraian singkat macam-macam teori belajar.  :p Semangat belajar terutama bagi yang jomblo. Semangat ya mblo 

Teori Belajar Behavioristik


www.karyatulisku.com

Teori behavioristik berkaitan dengan perubahan prilaku. Pembelajaran pada teori ini menitikberatkan pada perubahan tingkah laku. Pandangan behavioristik mengakui pentingnya masukan atau input yang berupa stimulus dan keluaran atau output yang berupa respons. Terpenting yang diamati dan diukur  yakni stimulus dan respons.

Penguatan (reinforcement) adalah faktor penting dalam belajar. Apa yang dapat menimbulkan penguatan respon disebut penguatan. Respon akan semakin kuat apabila penguatan dilakukan atau ditambahkan. Lalu respon akan menguat jika penguatan dikurangi. Tokoh-tokoh penting teori behavioristik antara lain Thorndike, Watson, Skiner, Hull dan Guthrie.

Penerapan teori ini yakni menuntut siswa untuk mengaplikasikan apa yang sudah diketahuinya dan ini disebut "mimetic". Pembelajaran dan evaluasi menitikberatkan pada hasil, lalu evaluasi tadi juga menuntut pada sebuah jawaban yang benar. Sehingga peserta didik mampu merampungkan pembelajaran.

Teori Belajar Kognitivisme


www.karyatulisku.com

Teori pembelajaran kognitif adalah perubahan pemahaman dan persepsi yang tidak harus berupa perubahan tingkah dan laku yang di mana tingkah laku itu dapat diukur dan diamati. Teori ini mengatakan bila tiap orang memiliki penglaman dan pengetahuan  yang rapi berupa struktur kognisi.

Di antara para pakar teori kognitif, paling tidak ada tiga yang terkenal yaitu Piaget, Bruner, dan Ausubel. Menurut Piaget, proses belajar itu akan berjalan dengan baik apabila pembelajaran beriringan dengan tahap-tahap perkembangan dan umur seseorang, lalu berpadu dengan proses akomodasi, equilibrasi dan asimilasi. Sedangkan Bruner mengatakan bahwa belajar terjadi lebih ditentukan oleh cara seseorang mengatur pesan atau informasi, dan bukan ditentukan oleh umur.  Lalu Ausubel  berpendapat bila seseorang dikatakan belajar bila mampu mengasimilasikan pengetahuan barunya dengan pengetahuan yang dimilikinya. Proses belajar akan terjadi melalui tahap-tahap memperhatikan stimulus, memahami makna stimulus, menyimpan dan menggunakan informasi yang sudah dipahami.

Dalam kegiatan pembelajaran, keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan. Materi pelajaran disusun dengan menggunaka pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks. Perbedaan in­dividual pada diri siswa perlu diperhaatikan, karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.

Teori Belajar Konstruktivisme


andreeaungureanu04.blogspot.co.id

Teori ini mementingkan pemberian makna bagi peserta didik terhadap pengalamannya dengan akomodasi dan asimilasi untuk proses pembentukan kognitif pada proses pembelajaran.  Maka, pembelajaran harus menciptakan keadaan proses pembentukkan tadi secara maksimal.

Proses pembelajaran berarti pemberian makna peserta didik terhadap pengalamannya untuk menuju perkembangan kognitifnya melalui akomodasi dan asimilasi. Berdasarkan teori ini guru harus menghargai dan mengakui dorongan diri peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri. Proses pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan konstruksi berpikir agar maksimal.

Karakteristik pembelajaran yang dilakukannya adalah:
  •  Memberi kebebasan bagi peserta didik untuk berpikir kreatif tidak melulu tersekat kurikulum dan mendukungnya untuk mengembangkannya.
  • Siswa dittempatkan pada energi munculnya interes, untuk menciptakan korelasi ide-ide atau gagasannya, lalu merumuskan kembali ide tersebut, baru kemudian menciptakan simpulan.
  • Guru dan murid mengkaji akan kompleksnya dunia ini, ada macam-macam persepsi tentang kebenaran dari berbagai interpretasi
  • Guru harus mengakui bila pembelajaran  dan evaluasinya adalah usaha yang rumit, tidak teratur, tidak mudah dikelola, dan sukar dipahami.
Teori Belajar Humanistik


slideplayer.info

Menurut teori humanistik tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Peserta didik dikatakan berhasil bila sudah mampu memahamai dirinya sendiri dan lingkungannya.  Di sini berarti peserta didik sudah mampu mengaktualisasikan dirinya. Teori ini bisa menggunakan teori lainnya demi tercapinya tujuan dan ini disebut elektik.

Beberapa tokoh penganut aliran humanistik adalah;
  • Kolb, ia mengatakan bila ada beberapa tahapan dalam belajar, yaitu; pengalaman konkret, pengalaman aktif dan reflektif, konseptualisasi, dan eksperimentasi aktif.
  • Honey dan Mumford, mengelempokkan peserta didik menjadi empat tipe; pragmatis, aktifis, reflektor dan teoris
  • Hubermas, membedakan 3 macam atau tipe belajar yaitu; belajar teknis, belajar praktis, dan belajar emansipatoris.
  • Bloom dan Krathwohl, dengan 3 kawasan tujuan belajar yaitu; kognitif, psikomotor, dan afektif.
  • Ausubel, walaupun termasuk juga ke dalam aliran kognitivisme, ia terkenal dengan konsepa belajar bermakna (Meaningful learn­ing).
Berpikir induktif merupakan ciri dari penggunaan teori ini. Teori ini juga amat mementingkan faktor pengalaman dan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar.
           
Oke sekian dulu gan. Ayo  gan, jangan mudah menyerah. Dan jangan berhenti belajar. Thanks for read, ya.


Daftar Pustaka:

Banks, J (1993), Multicultural Eeducation: Historical Development,Dimension, and Practice. Review of Research in Education.

——, (1994), An Introduction to Multicultural Education, Needham Heights, MA

Kuper, Adam & Jessica Kuper (2000), Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.

Zubaidi (2005), Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: Pustaka Pelajar



Sumber gambar sampul: semutponti.blogspot.co.id
Share:

Tuesday 3 May 2016

Salah Jurusan atau Tersesat di Jalan yang Benar?


Inspirasi Kita.com - Bagimu yang sedang galau karena salah memilih jurusan saat masuk kuliah. Udah terlanjur keterima dan bayar atau bahkan sudah menjalani beberapa langkah mungkin. Mau pindah, mikir biaya lagi, mau maksain, rasanya kayak beli Anggur Merah tapi rasanya Cermai, asam-asam gimana gitu :). Tenang gaes, kamu gak sendirian ehehe. 

Saya adalah salah satu dari sekian mahsiswa yang mengalami salah jurusan. Ketika masa-masa pendaftaran kuliah, saya mendaftar di berbagai  jurusan di universitas berbeda. Mulai dari Pertanian, Teknik Industri dan Teknik Informatika. Karena dulu semasa SMA cenderung suka pelajaran IPA. Namun realita berkata lain. Justru saya malah diterima di salah satu Universitas Islam Negeri di Yogyakarta dengan jurusan yang sungguh asing bagi saya, Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Di semester awal, saya sebenarnya masih bisa beradaptasi dengan pelajaran perkuliahan, karena pelajarannya belum mengarah pada jurusan bahasa Arab. Tapi setelah masuk pada semester dua, materi kuliahnya sudah mengarah kepada Bahasa Arab, seperti nahwu dan shorof (gramatika bahasa Arab). Di sinilah permasalahannya mulai muncul. Meskipun dulu ada pelajaranbahasa Arab di SMA , tapi ketertarikanku pada bahasa Arab tidak bisa mengalahkan dunia eksakta. Sempat waktu itu, saya  berpikir untuk pindah kampus.

www.pintarnulis.com

Sekarang saya sudah memasuki pertengahan semester dua. Saya mulai sadar jika terus –menerus menyesal tidak akan mendatangkan solusi. Akhirnya beberapa minggu yang lalu, saya dan teman-teman saya yang mempunyai satu visi membentuk komunitas belajar bahasa Arab. Kami kumpul  dua kali dalam seminggu, yakni hari Jumat dan Minggu. Di dalamnya kami belajar dan berdiskusi  mengenai seluk-beluk bahasa Arab, termasuk tata bahasanya. Tentunya dipantik oleh seorang teman yang lebih pandai dan berpengalaman

Hasilnya  mulai terasa. Meskipun saya tetap belum bisa memahami bahasa Arab, minimal seperti teman-teman lain yang kebanyakan dari pondok pesantren. Setidaknya rasa percaya pada diri saya mulai tumbuh. Motivasi dan pola pikir saya berubah. Belajar bahasa Arab sama saja mempelajari bahasa internasional lainnya, bahasa Inggris, bahas Arab dan bahasa Mandarin dan sebagainya. Saya mulai berpikir jika saya terseseat di jalan yang benar.

Sampai detik ini pun saya masih kuliah di jurusan dan universitas yang sama gaes. Agar tubuh lebih berkeringat, alangkah baiknya juga kalau menyibukkan diri dengan kegiatan di kampus, UKM dan ikut organisasi mungkin. Yang terpenting apapun itu, jangan pernah berhenti belajar gaes.



Sumber Gambar sampul: kebumenmuda.com

            
Share:

Featured Post

Mitos-mitos yang Sering Kita Dengar Pas Kita Kecil Dulu Part I

Waktu kita kecil dulu kita pasti sering dengar mitos yang dikatakan oleh orang tua kepada kita. Entah mitos itu tujuannya untuk mengontro...

Visitors