Saturday, 21 April 2018

Gus Iza Muhammad Sadewa, Seorang Anak yang Berilmu Tasawuf Tinggi


Inspirasi Kita.com - Kemarin sempat viral seorang gadis kecil dengan suara yang amat merdu. Ia bernama Sharla Martiza. Gadis 13 tahun itu berhasil membius para juri di ajang The Voice Kids indonesia Indonesia Season 2. Agnez Mo selaku juri menyatakan terkesan dengan suara Sharla.

"Suaranya bagus dan juga stabil," ujar Agnes yang dilansir Tribunnews.com (29/10).

Hal ini karena sejak kecil sudah pernah menjadi juara lomba qiro'ah. Bakatnya sudah kelihatan sewaktu kecil. Bahkan ketika itu ia sering diminta menyayi ketika ada acara di sekolah. Meskipun sekarang ia menjadi peserta The Voice Kids Season 2, ia tak canggung saat ditanyai Agnez Mo mengenai lagu kesukaannya yang tak lain yakni qosidah.

Baca juga:
Shoimah Pancawati, Artis Top Nasional yang Berasal dari Pati Jawa Tengah
Mbah Sahal Mahfudz, Sang Tokoh Ulama Nasional Asal Pati Jawa Tengah

Kini pun ada fenomema baru yang viral dan membuat orang kagum. Ia seorang putra  Kyai besar Jombang Jawa Timur, KH Imron Jamil. Namanya yakni Gus Iza Muhammad Sadewa.  Meski umurnya belum sampai 18 tahun ia sudah menguasai ilmu tuwo (sebutan ilmu tasawuf). Saat berceramah pun penguasaan panggungnya tak bisa di ragukan. Ia mampu mengajak bercanda dan membius hadirin yang datang.

apkpure.com

Di you tube namanya cukup populer dan viral. Pengajiannya sudah ditonton oleh 1,9 juta orang lebih sampai hari ini (13/4). Namun cukup di sayangkan ia menggunakan bahasa jawa dalam berceramah. Sehingga para penggemarnya dari daerah luar jawa kurang bisa memahami bahasanya. Kalau penasaran coba cek saja ceramahnya di youtube.

Dalam facebooknya yang bernama Iza Muhammad Sadewa, beliau berpesan kepada netizen: "Bersyukur dan bersabarlah. Karena dengan cara itu engkau bisa menikmati sisa-sisa hidup yang belum tertata. Serta menyelesaikan dan  menanti pelajaran-pelajaran yang Tuhan berikan saat ini, dan yang akan datang."

Selain itu: "Segalanya terjadi tak terduga-duga. Hanya ada satu yang pasti dalalam hidup. Yaitu ketidakpastian."

Dan yang ini beliau mengutip dari Imam Syafi'i supaya orang  dalam keadaan eling tur waspodo (ingat dan tetap waspada): "Biarlah harimu berlalu. Kerjakan yang engkau sukai saja. Apabila takdir sudah datang, maka berlapang dadalah."

Siswanto, salah seorang alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati menyatakan bila fenomena Gus Iza ini fenomena langka. "Jarang banget ditemukan seorang anak seumuran Gus Iza yang ilmunya setingkat dengan beliau," ungkapnya.

Ia menegaskan tak begitu kaget tentang keilmuan Gus Iza karena ia merupakan putra kiai tasawuf terkenal, yakni KH Imron Jamil.  "Lha wong putrane kiai, (Karena Gus Iza putra dari kiai), kan bisa saja  beliau mewarisi gen dan ilmu dari bapaknya," pungkasnya.


Sumber gambar sampul: www.youtube.com




Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Mitos-mitos yang Sering Kita Dengar Pas Kita Kecil Dulu Part I

Waktu kita kecil dulu kita pasti sering dengar mitos yang dikatakan oleh orang tua kepada kita. Entah mitos itu tujuannya untuk mengontro...

Visitors