Saturday, 21 April 2018

Hal-hal yang Dilakukan Cewek ketika Galau


Inspirasi Kita - Cewek merupakan makhluk Tuhan yang diciptakan dengan memiliki kelebihan perasaan. Perasaannya yang halus membuatnya mudah sakit hati atau tersinggung dengan ucapan atau perbuatan orang lain. Orang lain itu bisa laki-laki maupun perempuan, orang terdekat atau jauh darinya. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati nih gaes waktu bergaul dengan cewek. Apalagi pas lagi PMS. Yah, walaupun tidak semua cewek seperti itu.

Agar kita bisa lebih berhati-hati, baik itu kamu laki-laki atau perempuan saat bergaul dengan teman cewekmu yang lagi galau. Berikut ada hal-hal yang biasanya dilakukan cewek waktu galau sih gaes.

Curhat atau Update Status Galau

www.gregetan.com

Hal ini sering kita jumpai di dunia nyata maupun dunia maya. Cewek biasanaya pas lagi galau, seringkali update status tentang kegalauannya. Macam-macam sih, penyebab galaunya, mulai dari diputusin pacar, nggak punya kuota, lagi nggak punya uang, lagi bertengkar sama kawannya dan masih banyak lagi. Cewek akan sanagt mudah mencurahkan rasa galaunya daripada laki-laki.

Selain update status galau, cewek juga kalau galau sering curhat ke temen akarabnya, baik itu temen laki-laki atau temen perempuannya. Mereka kaum yang nggak sungkan-sungkan buat nyritain apa yang terjadi, dialami dan dirasakan. Jadi, kalau kamu nemuin cewek pas begitu harap hati-hati dan jaga diri dalam berbicara atau berprilaku. Atau masalah jadi ribet. Hehe

Baca juga:

Nangis

www.vebma.com

Penulis tekankan lagi nih, cewek merupakan makhluk yang amat peka. Perasaannya halus. Oleh karena itu kalau ada masalah atau sedang galau mereka akan dengan mudah menangis. Menangis itu bukan pertanda lemah loh gaes. Cuma saja menangis merupakan bahasa sedih yang belum sempat terungkapkan. Kalau kamu menjumpai cewek kok sedang menangis hampr pasti mereka sedang galau atau sedih.

Makan

hai.grid.id

Ada beberapa cewek yang justru ketika galau justru makannya mereka tambah banyak atau nafsu makan mereka bertambah. Entah apa penyebabnya, tetapi memang ada sebagian cewek yang seperti itu. Mungkin galau itu butuh energi yang besar, makanya mereka makan banyak. Hehe. Makan biar kuat hadapi kenyataan.

Memutar Lagu Galau

www.vemale.com

Kebiasaan yang satu ini sering dilakukan cewek pas lagi galau. Memutar lagu-lagu galau. Yah, walaupun ada sih cewek yang pas galau memutar lagu-lagu rock mungkin. Lagu merupakan kata atau nada yang mewakili apa yang sedang dirasakan mereka. Maka tidak heran kalau para cewek memutar lagu-lagu tersebut sebagai bentuk ekspresi dan ungkapan kesedihannya. Atau bahkan hiburan bagi kegalauannya.

Ngurung Diri Di Kamar
Ekspresi cewek pas waktu galau yang terakhir yakni mengurung diri di kamar. Kayak di TV-TV atau di sinetron sih gaes. Mereka yang lagi galau butuh waktu untuk sendiri. Merenungkan masalah-masalah atau penyebab dari kegalauannya.

Nah, mungkin itu dulu gaes, hal-hal yang dilakukan cewek waktu galau. Natikan postingan selanjutnya ya yang membahas hal-hal yang dilakukan cowok waktu galau.

Sumber gambar sampul: www.brilio.net



Alasan Mengapa pada Malam Minggu Kamu Tidak Pergi Keluar Rumah

Inspirasi Kita.com - Malam minggu mrupakan hari di mana banyak orang menghabiskan waktunya untuk keluar rumah dan bersenang-senang. Untuk nongkrong, kongkow-kongkow atau keluar sama gebetan. Pokoknya malem minggu itu hari yang identik dengan hepi-hepi.

Akan tetapi ada sebagian orang yang mengahabiskan malam minggunya hanya di rumah. Salah satu di antaranya yakni para jones. Mereka tidak memilih menghabiskan malam minggunya di luar tentunya ada berbagai macam dan pertimbangan. Untuk itu, baiklah penulis akan memaparkan beberapa alasan mengapa sebagian orang memilih untuk berdiam diri di rumah, termasuk di dalamnya para jones?

Tidak Punya Uang


www.wajibbaca.com

Alasan yang pertama mengapa orang tidak mengahabiskan malam minggunya untuk keluar atau hangout adalah tidak punya uang. Sebenarnya ada sih niatan untuk pergi untuk nongkrong atau kongkow-kongkow bareng temen. Tapi karena lagi nggak ada uang makanya nggak jadi keluar.

Baca juga:
Cara PDKT sama Cewek Part I Dijamin Manjur
Cara PDKT sama Cewek Part II (tuntas) Dijamin Manjur

Tidak Punya Gebetan


lifestyle.sindonews.com

Nah, ini biasanya yang menjadi alasan jones. Memang sebuah alasan klasik , sih. Tapi nyatanya mereka yang tidak punya gebetan alias jomblo lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Malam minggu merupakan waktu yang menyebalkan bagi mereka karena mereka biasanya bingung mau ngelakuin apa, sebab besok paginya tidak ada kegiatan. Baik itu kegiatan kantor atau sekolah.

Namun tidak semuanya sih, mereka yang jomblo biasa menghabiskan waktunya di rumah. Mereka yang jomblo juga ada yang pergi keluar untuk sekedar kumpul-kumpul atau nongkrong bareng temen-temennya. Ada juga yang menghabiskan malam minggunya untuk ngelembur pekerjaan. Untuk orang atau tipe jomblo yang seperti ini nih, penulis acungin jempol.

Lagi Ada Tugas Sekolah atau Kuliah dan Lembur Pekerjaan


hype.idntimes.com

Tipe orang yang ini biasanya malem minggunya dalam keadaan setengah hati atau terpaksa. Sebenernya mau pergi sama gebetan atau kumpul temen-temennya. Cuma saja karena ada kewajiban berupa tugas atau PR sekolah maka mau tidak mau harus mengerjakannya terlebih dahulu.

Tentunya itu bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Akan tetapi bagi kamu yang sudah bekerja, mencari nafkah merupakan prioritas utama. Seringkali malam minggu ada pekerjaan tambahan atau lembur dari perusahaan. Otomatis mau tidak mau kamu harus melewatkan malam minggumu di kantor atau perusahaan.

Tidak Diijinin Ortu Keluar


www.kabarmakkah.com

Alasan yang terakhir menagapa kamu menghabiskan waktu di rumah adalah dilarang sama orang tua buat keluar rumah. Ini biasanya bagi kamu yang anak rumahan dan kebetulan yang belum merantau atau hidup di luar kota. Seringkan orang tua protektif, melarang-larang kamu di rumah karena alasan-alasan tertentu.

Kamu yang punya orang tua cenderung protektif dan suka melarang-larang jangan cepet su’udzon dulu gaes. Itu pertanda orang tuamu perhatian sama kamu. Karena tiap orang tua beda-beda, termasuk cara ngungkapin kasih sayangnya.


Sumber gambar sampul: sukabumiupdate.com



Alasan Mengapa Kamu Menikah Muda

Inspirasi Kita.com - Menikah merupakan impian tiap orang. Terutama bagi para jomblowan dan jomblo wati. Karena menikah merupakan cara orang melastarikan keturunan, selain juga menyalurkan hasrat seksual. Tidak hanya itu saja, menikah merupakan suatu bentuk ibadah. Nah, ini yang terpenting. Menikah itu ternyata sunah Nabi lhoh, gaes. Ia merupakan sebagai jalan untuk mengabdi dan mendekatkan diri kepada Allah.

Akan tetapi bagi kamu yang pengen nikah tentunya harus sudah memiliki kualifikasi tertentu. Semisal kematangan umur atau psikologis, kematangan ekonomi, kematangan agama, kematangan, sosial serta kematangan yang lainnya. Dan tiap orang akan berbeda. Tentunya banyak aspek yang dipertimbangkan ketika akan menikah. Namun kalau dirasa kamu sudah memnuhi standar kualifikasi, untuk apalagi ditunda-tunda. Oleh sebab itu, penulis akan memaparkan beberapa alasan mengapa kamu harus nikah muda.

Menghindari Maksiat


cantik.tempo.co

Sekarang ini banyak sekali muda-mudi yang sudah terjebak dalam lingkaran maksiat. Melakukan pacaran secara berlebihan, melanggar batasaan-batasan yang telah ditetapkan agama dalam hubungan antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu menikah muda dapat menjadi solusi buat kamu.

Seperti yang telah penulis singgung sedikit di awal. Justru nikah muda merupakan gerbang ibadah. Mau ngapa-ngapain bernilai ibadah. Mengubah lelah menjadi lillah. Dan ini tidak akan kamu jumpai ketika kamu masih jomblo.

Baca juga:
Alasan Mengapa pada Malam Minggu kamu Tidak Keluar Rumah
Cara PDKT sama Cewek Part II (tuntas) Dijamin Manjur

Gerbang Menggapai Kesuksesan


www.moneysmart.id

Setelah sedikit singgung manfaat menikah usia muda bagi akhirat. Kini penulis akan mengupasnya, kalau menikah di usia muda akan mendekatkan dengan kesuksesan. Mengapa penulis katakan demikian? Karena dengan menikah pintu rizki kita akan lebih terbuka. Ini dengan berbagai cara yang tidak kita sangka-sangka. Bahkan Allah telah berjanji mncukupi rezeki orang yang menikah.

Selain itu ada faktor lain yang menjadi penyebab kamu akan lebih sukses dengan adanya suami atau istri. Biasanya kamu akan lebih termotivasi dalam bekerja, kuliah atau melakukan aktivitas lain. Kalian berdua bisa saling support, motivasi dan kasih masukan satu sama lain. Dan ini tidak kamu dapatkan saat kamu jomblo. Ada kata-kata inspiratif nih, “ada wanita yang hebat, dibalik kesuksesan seorang pria.”

Usia Sudah Matang


lawang-informasi.blogspot.co.id

Ini teruntuk kamu yang sudah siap secara mental, psikologi, sosial, agama dan ekonomi. Untuk apa kamu menunda-nunda menikah bila sudah siap. Karena menikah selain ibadah juga mendekatkan pada kesuksesan. Merasa belum siap memang masalah umum yang dirasakan para jomblowers. Bahkan teman penulis ada yang bilang nih, soal menikah “dalam menikah dengan siapa itu buka jadi soal masalah, yang terpenting sudah siap.”

Ayolah mblo, selalu ada keraguan mengenai kesiapan soal menikah. Akan tetapi kamu bisa meyakinkan diri kamu sendiri dengan merenung, bertanya kepada dirimu sendiri hingga bertanya kepada teman atau orang tua. Sudah pantaskah saya kalau menikah? Oleh karenanya, apabila dirasa kamu sudah siap jangan menunda-nunda menikah. Karena ada hikmah yang besar dibalik pernikahan

Oke gaes, mungkin cukup itu dulu artikel alasan mengapa kamu menikah di usia muda. Perlu kamu ketahui nih, gaes, penulis sendiri pun masih jumblo dan masih melanjutkan kuliah strata satunya. Hahaha. Semoga saja bermanfaaat, ya. Aamiin.


Sumber gambar sampul: www.harianjogja.com




Saturday, 14 April 2018

Cara PDKT (pendekatan) sama Cewek Part II (tuntas) Dijamin Manjur

Inspirasi Kita.com - Baiklah gaes. Kali ini penulis akan langsung memaparkan cara PDKT (pendekatan) sama cewek kelanjutan dari artikel yang kemarin gaes. Tentunya masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan bagi kamu yang masih jomblo dan berkeinginan untuk menggebet cewek atau pengen punya pasangan. Dan kamu yang belum baca artikel bagian satu wajib untuk membacanya terlebih dahulu. Silahkan baca di sini. Karena artikel yang kali ini nyambung dengan yang bagian satu gaes.

Jika kamu sudah melakukan cara-cara dari artikel bagian satu, seperti melakukan sapa dengan doi, melakukan komunikasi via hanphone, tidak berlebihan dan membosankan dalam masa berkomunikasi, maka kamu harus terus membaca artikel ini sampai tuntas. Terutama bagi kamu yang jomblo ngenes. Hehe pis pis.

Berikut adalah kelanjutan cara menggebet atau PDKT sama cewek gaes. Silakan menyimak!

Menggali Lebih Dalam Karakter Cewek

wikiindo.com

Bila kamu sudah sampai ke tahap ini, artinya kamu sudah cukup akrab dan santai dalam berkomunikasi dengan si doi. Lalu gimana sih kak langkah selanjutnya? Tenang, tarik napas dalam-dalam dulu.  Jadi ini saatnya tahap mengenal lebih jauh pribadi si doi. Cari tahu kayak (agen mata-mata) karakter, kesukaan dan hal-hal yang berkaitan dengan si doi. Semisal hobinya, makanan favoritnya, film kesukaannya, sukanya pergi ke mana dan lain sebagainya.

Hal ini penting, karena ini untuk melangkah ke depan selanjutnya. Kalau kita sudah tahu karakter, kesukaan atau hal-hal yang terkait dengan dia ini akan mempermudahmu untuk berinteraksi dengan si doi. Selain itu, dengan mengetahui karakter doi kamu jadi bisa nyesuaiin sma karakterkamu. Alhasil ketemu deh.

Baca juga:
Cara PDKT sama Cewek Part I Dijamin Manjur
Gus Iza Muhammad Sadewa, Seorang Anak yang Berilmu Tasawuf Tinggi

Jadi Pendengar yang Baik

www.wowkeren.com

Biasanya cewek itu adalah manusia yang suka diperhatikan. Termasuk manusia yang suka bercerita. Nah, pada tahap ini kamu harus cukup bersabar. Bersabar dengan menjadi pendengar yang baik. Biasanya cewek kalau sudah sampai mau cerita panjang lebar A sampai Z dan curhat masalah-masalahnya artinya dia udah membuka diri untuk kamu. Eits, jangan senang dulu karena ini merupakan fase yang krusial.

Meskipun dia udah nyaman sama kamu bukan berarti dia membuka diri seutuhnya untuk kamu. Inget woii, inget, kalian masih temenan, jadi janganlah bersikap posesif terhadap doi. Tetep atur ritmis PDKT dan tetaplah buat dia nyaman saat berkomunikasi dan berinteraksi denga kamu.Trust?

Ajak Ngopi, Makan atau Kencan Ringan

www.brilio.net

Oke gaes. Pada tahap ini kamu lakukan apabila kamu sudah mendapat lampu hijau sama doi. Artinya si doi benar-benar sudah siap dan bersedia untuk keluar sama kamu. Katakanlah ngopi bareng atau makan ringan di luar. Ingat kalau doi belum ngasih lampu hijau atau sudah siap, jangan sampai ngajak keluar atau kencan. Sekali lagi jangan sampai.

Ini merupakan momen yang sepesial dan sedikit mendebarkan. Karena jika kemarin-kemarin doi hanya berkomunikasi  dan berinteraksi dengan kamu hanya sebatas senyum sapa dan chatingan via hanphone, tentunya momen ini sangat mendebarkan. Karena kamu harus bertatap muka secara langsung dengan orng yang kamu taksir. Sedikit masukan, untuk kencan pertama, sambil ngopi atau makan bahaslah yang ringan-ringan. Baru nanti untuk kencan kedua dan selanjutnya mulai melakukan manuver-manuver PDKT yang lain.

Saatnya Nembak

www.rancahpost.co.id

Nah, ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Menyatakan cinta. Tapi awas, jangan sampai salah sangka. Masudnya? Jadi kamu harus memastikan dulu si doi suka sama kamu atau nggak. Caranya? Coba saja kamu seharian nggak chat-an sama dia apakah dia nyariin kamu atau nggak? Kalau dia nyariin kamu dan nge-chat kamu duluan lalu dia bilang kegelisahannya karena nggak interaksi sama kamu. Nah, ini pertanda dia membutuhkanmu jug merindukanmu. Selain itu kamu bisa menghubungi temannya dan stalking medsosnya apakah ia pernah curhat yang bahas berhubungan sama kamu. Misalkan membahas perasannya sama kamu.

Dorrrrrrr…. Ini saat yang tepat men. Saat yang tepat kamu mengungkapkan perasaan  alias kamu nembak doi secara langsung. Jangan grogi ya. Kemungkinan besar kamu akan diterima. Hehe.

Note: Tips dan cara ini bersumber dari pengalaman pribadi penulis yang gagal dalam PDKT sama cewek dan dipadukan dengan membaca-baca artikel trik PDKT sama cewek. Hahahahaha. Semoga berhasil gaes.


Sumber gambar sampul: www.memecomic.id


Cara PDKT (pendekatan) sama Cewek Part I Dijamin Manjur

Inspirasi Kita.com - Setiap orang tentunya ingin memiliki pasangan. Apalagi pasangan hidup buat nanti sampai tua. Namun tentu ini membutuhan proses yang panjang. Dari mulai perkenalan hingga pendekatan (PDKT) . Dan ini tidak mudah.

Pendekatan merupakan masa-masa yang penting menentukan masa dapan hubunganmu dengan doi. PDKT bisa membutuhkan waktu yang panjang bisa juga singkat. Tergantung kepandaian kamu sendiri dalam melakukan poses PDKT. Setiap orang punya cara dan ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, berikut akan saya paparkan tahapan-tahapan atau apa saja yang harus kamu lakukan dalam PDKT. Cekidot, silahkan menyimk semoga berhasil.

Awali dengan Menyapa

id.wikihow.com

Meskipun hal ini kelihatannya sepele tapi ini sangat penting. Sapaan merupakan bahasa sederhana saat berjumpa. Usahakanlah selalu menyapa si doi apabila bertemu. Terutama kalau dia temen sekolah, kuliah bahkan teman kerja. Karena sapaan juga merupakan bentuk perhatian kamu pada doi.

Bila kamu sudah melakukannya dengan rutin, kemungkinan besar itu semua akan membekas. Karena kalau hal itu sudah menjadi rutinitas, beberapa hari saja kamu tidak melakukannya pasti akan dicariin sama si doi. Meskipun hal kecil, apabila dilakukan secara berkesinambungan tentunya akan membekas. Iya, membekas dihati doi.

Baca juga:
Gus Iza Muhammad Sadewa, Seorang Anak Berilmu Tasawuf Tinggi
Shoimah Pancawati, Artis Top Nasional yang Berasal dari Pati Jawa Tengah

Berkomunikasi Via Telepon

twitter.com

Sesudah melakukan senyum sapa harus kamu lanjutkan dengan komunikasi lagi. Cara mudah untuk berkomunikasi dengan mudah dengan doi yaitu dengan telepon. Tentunya Anda harus punya nomor teleponnya terlebih dahulu.

Mulailah obrolan dengn topik atau pembahasan yang ringan dulu, seputar sekolah, kuliah, kerjaaan, tempat tinggalnya, hobi, hingga makanan kesukaannya. Intinya di sini kamu harus pandai mencari topik pembahasan yang dekat sama si doi agar si doi dengan mudah merespon. Jangan tanyakan dulu hal-hal yang sensitif, karena hal ini akan cenderung mengundang kebosanan si doi. Usahakan cari waktu yang tepat, agar si doi lebih leluasa dalam berkomunikasi dengan kamu.

Buatlah kebiasaan atau habits berkomunikasi dengan doi lebih-lebih kalau bisa komunikasi sampai intim (intim nggak harus identik dengan ngeres gan, saking dekatnya itu juga bisa disebut intim). Ini tujuannya agar bagaimana kamu mendapat tempat di hatinya. Minimal sehari si doi nggak chat-an sama kamu rasanaya kangen atau ada yang ganjil.

Jangan Membosankan dan Berlebihan dalam Berkomunikasi

faitsot.wordpress.com

Pada tahap ini, PDKT kamu masih sebatas dalam telepon. Masih sebatas chat-chatan lewat watshap atau SMS. Jangan terburu-buru untuk meneleponnya apabila belum ada lampu hijau dari si doi. Soalnya tahapan PDKT lewat telponan  langsung, itu sudah termasuk kategori intim. Cewek akan merasa ilfil apabila kamu telpon langsung sebelum ia mengizinkannya atau kamu udah dapat hatinya.

Lalu, cari topik yang menarik. Seperti yang penulis jelaskan di atas carilah topik yang dekat dengan doi. Karena itu akan memudahkan si doi untuk merespon.  Hindari pertanyaan yang membosankan, seperti udah makan belum, lagi sibuk apa, mau jalan kemana. Tidak ada salahnya untuk mencontoh gaya komunikasi play boy yang asyik ketika berkomunikasi.

Jangan su’udzan dulu ketika doi nggak mbales chat atau SMS-mu mungkin aja doi lagi sibuk atau lagi nggak bawa hp. Jangan lupa tempatkan dulu diri kamu sebagai temannya, jangan sebagai orang yang naksir, karena tahapan ini masih dalam langkah kamu menadapatin hatinya.

Sekian dulu ya gaes, langkah-langkah atau tahapan-tahapan PDKT sama cewek. Nantikan tahapan-tahapan selanjutnya atau PDKT sama cewek part II yang tentunya akan menarik. Tahnks for read, ya.


Sumber gambar sampul: www.genmuda.com

Friday, 13 April 2018

Gus Iza Muhammad Sadewa, Seorang Anak yang Berilmu Tasawuf Tinggi

Inspirasi Kita.com - Kemarin sempat viral seorang gadis kecil dengan suara yang amat merdu. Ia bernama Sharla Martiza. Gadis 13 tahun itu berhasil membius para juri di ajang The Voice Kids indonesia Indonesia Season 2. Agnez Mo selaku juri menyatakan terkesan dengan suara Sharla.

"Suaranya bagus dan juga stabil," ujar Agnes yang dilansir Tribunnews.com (29/10).

Hal ini karena sejak kecil sudah pernah menjadi juara lomba qiro'ah. Bakatnya sudah kelihatan sewaktu kecil. Bahkan ketika itu ia sering diminta menyayi ketika ada acara di sekolah. Meskipun sekarang ia menjadi peserta The Voice Kids Season 2, ia tak canggung saat ditanyai Agnez Mo mengenai lagu kesukaannya yang tak lain yakni qosidah.

Baca juga:
Shoimah Pancawati, Artis Top Nasional yang Berasal dari Pati Jawa Tengah
Mbah Sahal Mahfudz, Sang Tokoh Ulama Nasional Asal Pati Jawa Tengah

Kini pun ada fenomema baru yang viral dan membuat orang kagum. Ia seorang putra  Kyai besar Jombang Jawa Timur, KH Imron Jamil. Namanya yakni Gus Iza Muhammad Sadewa.  Meski umurnya belum sampai 18 tahun ia sudah menguasai ilmu tuwo (sebutan ilmu tasawuf). Saat berceramah pun penguasaan panggungnya tak bisa di ragukan. Ia mampu mengajak bercanda dan membius hadirin yang datang.

apkpure.com

Di you tube namanya cukup populer dan viral. Pengajiannya sudah ditonton oleh 1,9 juta orang lebih sampai hari ini (13/4). Namun cukup di sayangkan ia menggunakan bahasa jawa dalam berceramah. Sehingga para penggemarnya dari daerah luar jawa kurang bisa memahami bahasanya. Kalau penasaran coba cek saja ceramahnya di youtube.

Dalam facebooknya yang bernama Iza Muhammad Sadewa, beliau berpesan kepada netizen: "Bersyukur dan bersabarlah. Karena dengan cara itu engkau bisa menikmati sisa-sisa hidup yang belum tertata. Serta menyelesaikan dan  menanti pelajaran-pelajaran yang Tuhan berikan saat ini, dan yang akan datang."

Selain itu: "Segalanya terjadi tak terduga-duga. Hanya ada satu yang pasti dalalam hidup. Yaitu ketidakpastian."

Dan yang ini beliau mengutip dari Imam Syafi'i supaya orang  dalam keadaan eling tur waspodo (ingat dan tetap waspada): "Biarlah harimu berlalu. Kerjakan yang engkau sukai saja. Apabila takdir sudah datang, maka berlapang dadalah."

Siswanto, salah seorang alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati menyatakan bila fenomena Gus Iza ini fenomena langka. "Jarang banget ditemukan seorang anak seumuran Gus Iza yang ilmunya setingkat dengan beliau," ungkapnya.

Ia menegaskan tak begitu kaget tentang keilmuan Gus Iza karena ia merupakan putra kiai tasawuf terkenal, yakni KH Imron Jamil.  "Lha wong putrane kiai, (Karena Gus Iza putra dari kiai), kan bisa saja  beliau mewarisi gen dan ilmu dari bapaknya," pungkasnya.


Sumber gambar sampul: www.youtube.com




Shoimah Pancawati, Artis Top Nasional yang Berasal dari Pati Jawa Tengah

Inspirasi Kita.com - Baiklah gaes. Penulis kali ini akan membahas tokoh artis top nasional yang berasal dari Pati Jawa Tengah. Dia adalah Shoimah Pancawati, lahir  pada 29 September 1980 atau 38 lalu pada 2018. Ia merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara pasangan Hadinarko dan Kasmiyati. Suami Shoimah bernama Herwan Pradoko (Koko). Mereka menikah pada 27 Desember 2002 yang lalu. Hingga saat ini pasangan seleb ini dikaruniai dua anak yakni Aksa Uyun Dananjaya (Mei 2003) dan Diksa Naja Naekonang (15 September 2006).

Baca juga:
Mbah Sahal Mahfudz, Sang Tokoh Ulama Nasional dari Pati Jawa Tengah
Ulil Abshor Abdala, Cendekiawan dan Tokoh Islam dari Pati Jawa Tengah

Perjalanan Karir Shoimah
Shoimah merupakan seniman selain juga rapper dan rocker. Bakat seninya sejak lahir telah mengalir dalam darah Shoimah. M.M. Ngatini tante Shoimah adalah istri dari kerabat padepokan tari Bagong Kussudiarjo Yogyakarta. Tantenyalah yang menyarankan Shoimah untuk bergabung dan srawung dengan bermacam-macam komunitas seni. Maka, setelah lulus SMP Shoimah tidak melanjutkan di sekolahan umum seperti SMA atau MA, ia melanjutkan pendidikan di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) jurusannya yakni karawitan. Kemampuan vocal Shoimah yang di atas rata-rata membuat dia sering menjuarai lomba seni seperti, lomba nyayi Bintang karoke se-Jateng dan DIY menjadi juara satu, lalu menjadi juara satu Bintang Televisi dan juara Dara Ayu.

www.sewarga.com

Karir Shoimah sebagai seorang sinden semakin menanjak seiring ketika ia bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation. Bersama komunitas seni tersebut, Shoimah telah menjalani tour untuk dunia pada tanggal 14 Mei 2011. Awal dari situlah ia melakoni karir di dunia hiburan Indonesia

Shoimah terkenal bukan hanya karena suaranya yang merdu, melainkan dari pembawaannya yang kocak. Dan ini sering kali membuatnya diajak manggung di dunia Komedian. Berkat kipiawaiannya melawak ia sempat menjadi pembawa acara di program Talk Show pribadinya di Trans TV, yakni Show Imah. Shoimah juga sering muncul di Tv pada beberapa acara seperti, Indonesia Mencari Bakat (IMB), Standa Up Comedy, Opera Van Java, Yuk Kita Sahur, Yuk Keep Smile, D’T3rong Show, D’Academy, Bintang Pantura dan masih banyak lagi.

Sekian dulu ya gaes. Semoga informasinya bermanfaat. Salam inspirasi.


Sumber gambar sampul: citraindonesia.com

Thursday, 12 April 2018

Mbah Sahal Mahfudz, Sang Tokoh Ulama  Nasional Asal Pati, Jawa Tengah

Inspirasi Kita.com - Baiklah kawan-kawan. Kali ini saya akan menceritakan kisah seorang tokoh asal Pati, Jawa Tengah. Beliau merupakan tokoh atau ulama besar yang pernah menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais ‘Aam PBNU. Sebenarnya dulu beliau merupakan salah seorang pengurus PWNU di Jawa tengah. Cuma saja karena kepakaran dan keluasan ilmu belaiu maka beliau didapuk menjadi Rais ‘Aam PBNU.

Beliau adalah KH MA Sahal Mahfudz, lahir pada 17 Desember 1937 di desa Kajen, Margoyoso Pati, Jawa dan meninggal di Pati pada, 24 Januari 2014 pada usia 76 tahun. Selama hidupnya beliau mengabdikan untuk islam. Beliau di Kajen memilik pesantren, yaitu PP Maslakul Huda Kajen Margoyoso Pati

Mbah Sahal sapaan umum tokoh ulama asal Pati ini, merupakan putra ketiga dari enam bersaudara, abahnya bernama mbah Mahfudz Salam serta ibunya bernama Hj Badi’ah. Kelima saudaranya yaitu, M. Hasyim, Hj. Muzayanah, Salamah, Hj. Fadhilah, Hj. Khodijah.

Baca juga:
Marwan Jakfar, Tokoh Nasional Santri dari Pati Jawa Tengah
Ulil Abshor Abdala, Cendekiawan dan Tokoh Islam dari Pati Jawa Tengah

Riwayat Pendidikan dan Karya Mbah Sahal Mahfudz


foto.tempo.co

Tokoh ulama asal Pati ini sudah sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan pesantren. Maka tidak heran bila beliau sudah sejak kecil memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam dan pesantren. Beliau merupakan rujukan bertanya bagi umat karena keluasan ilmu dan kemuliaan budi pekertinya.

Mbah Sahal Mahfudz mengawali dunia pendidikannya dengan masuk pada Perguruan Islam Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso, Pati. Selain itu beliau juga nyantri di Sarang Rembang, PP al-Anwar dibawah asuhan KH. Zubair, ayahanda Mbah Maimun Zubair, setelah sebelumnya mondok dan nyantri di pesantren Bendo Kediri, dibawah asuhan KH Muhajir.

Berbicara tentang karya beliau, Mbah Sahal merupakan ulama yang produktif dalam menulis. Beliau merupakan pakar fiqh dan menjadi tempat pemecahan masalah bagi umat. Berikut merupakan beberapa karya beliau: Thariqotul Hushul ila Ghoyahal Ushul, Al-Tsamaroh al-Hajainiyah, Luma’ Al-Hikmah ila Musalsalat al-Muhimmat, Al-Faroid al-Ajibah, Ensiklopedi ijma, Telaah Fiqh Sosial, Dialog dengan KH sahal Mahfudz, Nuansa Fiqh Sosial, dan masih banyak lagi.

Cukup sekian dulu ya, sob, ulasan penulis perihal biografi singkat Mbah Sahal Mahfudz Kajen Margoyoso Pati. Mari kita lantunkan bacaan suratul fatihah buat beliau, sob. Al-fatihah...


Sumber gambar sampul: www.muslimat-nu.com

Sunday, 8 April 2018

Marwan Jakfar, Tokoh Nasional Santri dari Pati, Jawa Tengah

Inspirasi Kita  - Marwan Ja’far merupakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia pada kabinet kerja Presiden Joko Widodo sejak 27 Oktober 2014 samapai 27 Juli 2016 dan kemudian digantikan oleh teman separtainya yakni Eko Putro Sandjojo. Marwan lahir di Pati Jawa Tengah, pada 12 Maret 1971, umurnya sekarang berarti 46 tahun.

Sebelum menjadi menteri ia sempat menjadi anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bngsa (PKB). Pertama kali menjadi anggota DPR yakni pada pemilu 2004 ketika itu usianya baru 33. Lalu di pemilu berikutnya, ia terpilih kembali mewakili daerah pilihan (dapil) Jawa Tengah III pada 2009 dan 2014.

news.okezone.com

Selain di DPR. Marwan juga bertugas merangkap di komisi V dan ketua Fraksi PKB. Saat itu, komisi V sedang menangani Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pembangunan Daerah Tertingal dan Badan SAR Nasional. Saat itu Marwan terkenal tokoh dari pesantren yang giat menyurakan kepentingan pro-rakyat.

Pendidikan dan Karir Marwan
Marwan merupakan seorang santri tulen yang dibesarkan dilingkungan NU. Sekolah Dasar ia selesaikan di SDN Dukuhseti, kemudian MTs-nya ia tamatkan di MTs Manahijul Huda, lalu masa aliyahnya ia habiskan di Perguruan Islam Matholi’ul Falah Kajen, Margoyoso, Pati. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta dengan menempuh jurusn hukum di UII, dalam waktu yang hampir sama ia mengambil pelajaran atau jurusan ekonomi di Universiatas Gajayana Malang

Baca juga: Ulil Abshor Abdala, cendekiawan muslim asal Pati Jawa Tengah

Selama kuliah di Yogyakarta ia aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan dan organisasi NU. Ia pernah menjadi ketua PMII daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 1995-1996. Kemudian ia juga menjadi ketua bidang Litigasi dan Konsultasi LPBH NU Yogyakarta tahun 1994-1999 dan Litbang GP Ansor Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 1995-2000.

www.kaskus.co.id

Karena selalu aktif di organisasi pelajar NU akhirnya Marwan dipercaya sebagai pengurus PB NU. Contohnya ia pernah menjadi ketua lembaga Perekonomian dan Lembaga Pengembangan Pertanian PB NU. Oleh karenanya berawal mula dari sinilah gagasan-gagasan cemerlangnya muncul.

Selain itu, setelah lulus kuliah, Marwan juga mulai bekerja sebagai seorang konsultan hukum di perusahaan Rusdiono & Patners Law Firm tahun 1999. Ia jga pernah menjadi direktur PT,. Senta Mekanindo pada tahun 1999-2000. Lalu menjadi direktur di PT. Wahana Sarana Jati tahun 2000-2004.



Sumber gambar sampul Tribunnews



Saturday, 7 April 2018

Ulil Abshor Abdala, Cendekiawan dan Tokoh Islam Asal Pati, Jawa Tengah
















Inspirasi Kita - Ulil merupakan seorang tokoh Jaringan Islma Liberal (JIL) yang dulu terkenal karena kontrversinya yang kerap mendapat sorotan publik tanah air. Selain itu, Ulil merupakan cendekiawan Nahdlatul ulama, ayahnya bernama Abdullah Rifa’I dari PP Mansajul Ulum, Cebolek Margoyoso Pati Jawa Tengah.

Ia lahir di Pati, pada 11 Januari 1967. Kira-kira umurnya sekarang 52 tahun (2018). Istrinya bernama Ienas Tsuroiya, yang merupakan putri tercinta dari KH Mustofa Bisri atau mashur dipanggil Gus Mus.

Sewaktu belia Ulil pernah nyantri di Perguruan Islam Matoli’ul Falah Kajen, Margoyoso, Pati Jawa Tengah. Lalu ia kuliah di Fakultas Syariah di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) Jakarta. Ia juga pernah mengeyam pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Diryakara


www.liputan6.com

Ulil Absor Abdala dikenal karena kontroversialnya dalam konstruksi pemikiarannya tentang agama. Jika ditelaah dalam-dalam, gagasan Ulil selalu dipengaruhi pemikiran-pemikran yang  cenderung liberal seperti yang dikampanyekan dunia barat. Sebagaimana dikatakan oleh beragai pihak, ia adalah the next Nurcolish Majid

Baca juga: Coki Anwar, Komika Asal Pati Jawa Tengah

Dari berbagai tulisan yang ditulis Ulil sendiri, khususnya disitus islamlib.com, pemikiran ulil muncul karena sebagai respon terhadap respon kekerasan atas nama agama, baik itu yang terjadi di dunia Islam maupun dunia barat. Tulisan Ulil selain liberal nampaknya terpengaruh oleh paham pluralism dan humanisme.


www.arrahmah.com

Selain itu, dalam tulisanya dengan judul “Menyegarkan Kembali Pemahaman Islam”, Ulil menyatakan Islam sebagai agama sejarah. Menurut Ulil, Islam sebagai agama sejarah yang terus berkembang sesusai perkembangan zaman.

Ia juga mengatakan bila dalam Islam ada sebuah kreasi budaya setempat (budaya arab) dan juga nilai-nilai fundamental. Kita harus mampu membedakan mana dalam ajaran Islam yang mana terpengaruh kultur arab dan yang tidak. Islam merupakan agama yang kontekstual, nilai-nilainya yang universal harus diterjemahkan dalam konteks tertentu, contohnya, koteks Arab, Melayu, Asia Tengah, dan sebagainya. Akan tetapi bentuk Islam yang kontestual hanyalah budayanya, kita tidak wajib untuk mengikutinya. Aspek-aspek Islam yang merupakan cerminan budaya Arab tidak usah dikuti semisal, potong tangan, qihash, rajam, jengot, jubbah. Karena hal tersebut hanyalah ekspresi lokal particular Islam di Arab sana bukan ajaran fundamental Islam.

Masih menurut pemikiran Ulil, yang harus diikuti oleh umat islam yakni nili-nilai universal yang menjadi dasar praktik-paraktik Islam tersebut. Misalnya, jilbab intinya memakai pakaian yang memenuhi standar kepantasan umum yang ada di masyarakat itu. Kepantasan umum itu sifatnya bisa fleksibel dan terus berkembang seirig dengan perkembangan kebudayaan manusia 

Sampai sini, menurut penulis pemikiran Ulil nggak liberal-liberal amat sih. Masih bisa diterima di kalangan Islam moderat. 

Sekian dulu ya sob, pembahasan penulis tentang biografi Ulil dan pemikiranya.

Sumber gambar sampul icrp-online.com

Friday, 6 April 2018

Biografi Coki Anwar, Komika Kondang Nasional Asal Pati, Jawa Tengah

Inspirasi Kita - Choirul Anwar atau yang beken dengan Coki Anwar  merupakan pelawak tunggal atau komika kelahiran Pati, Jawa Tengah 2 Januari 1985 atau 33 tahun yang lalu.  Coki adalah salah satu komika jebolan komunitas stand up komedi Indo Jogja yang beberapa lalu ikut stand up di Indosiar.

Gaya stand up Coki dikenal berbeda dari yang lainnya, di mana ia punya pesona yang  kuat, terlihat kejam dan temperamen,cool  man atau tidak mudah tertawa saat membawakan materi. Dan materi yang ia bawakan biasanya aneh dan absurd dan tidak lazim, sehingga inilah yang mengundang gelak tawa dari penonton. Nama Coki mulai melambung saat mengikuti Stand Up Akademi season 2 (SUCA 2) yang diadakan Indosiar pada 2016 lalu.

Coki merupakan alumni dari salah satu kampus di Yogyakarta jurusan teknik mesin dan pernah bekerja di instansi pemerintah, sebelum akhirnya ikut Stand Up comedy, ia juga pernah menjadi editor salah satu surat kabar di Yogyakarta. Stand Up indo Jogja merupakan tempat pertama Coki berkembang yang ia masuki pertama di tahun 2014. Ia juga menjadi komika reguler di komunitas stand up Indo Jogja hingga sekarang,

Gaya stand up Coki yang berbeda dari yang lainnya, persona yang unik, yakni kuat, songong, tempramen dan terlihat kejam, seakan mengintimidasi penonton saat berbicara, serta cool man atau tidak mudah tertawa saat tampil, didukung dengan badannya yang atletis dan bugar, ia melontarkan materi komedi yang absurd dan aneh sehingga mengundang gelak tawa dari penonton.

www.selebshop.com

Selanjutnya setelah dari SUCA 2, Coki mengikuti kompetisi stand up comedy  yang ke tujuh yang diadakan Kompas TV. Dan akhirnya ia mendapat golden ticket  dan lolos masuk ke babak final ke SUCI 7. Perlu diketahui Coki merupakan komika SUCA 2 pertama yang berhasil menembus SUCI semusim setelahnya dan komika satu-satunya kala itu yang bisa melakukannya.

Prestasi Coki di bidang stand up comedy bisa di bilang cukup menggembirakan. Karean ia berhasil masuk ke babak 8 besar SUCA 2 yang diadakan oleh Indosiar di tahun 2016.  Setelahnya ia pun berhasil masuk ke babak grand final dengan masuk pada 5 besar Stand Up Comedy (SUCI) season 7 tahun 2017 di Kompas TV.

Oke gaes, sekian dulu biografi dari Coki Anwar komika yang bersal dari Pati, Jawa Tengah. Thanks for read-nya ya.


Sumber gambar sampul: www.kompas.tv