Tradisi dan Hal-hal Unik yang Muncul ketika Bulan Romadhon

Bulan Romadhon merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di manapun berada. Di dalamnya seluruh umat muslim pada umumnya diwajibkan untuk berpuasa. Selain itu umat muslim juga berlomba-lomba dalam kebaikan karena di bulan ini, pahala kita akan dilipatgandakan setiap melakukan amal sholih.

Aktivitas pada bulan puasa biasanya berbeda daripada bulan-bulan non puasa. Semisal aktivitas di sekolah dikurangi seperti mengurangi jam belajar di sekolah dan masih banyak lainnya. Selain itu ada suasana dan budaya yang berbeda ketika menginjak bulan romadhon. Selamat puasa ya gaes. Jangan lupa bahagia. Dan siapin pertanyaan yang muncul waktu lebaran nanti “Kamu nikah kapan?” Hahahah. Okelah gaes daripada berpanjang lebar mending kita bahas hal apa saja sih yang biasanya kita temui di bulan Romadhon atau bulan puasa?

Bangunin Orang Sahur

hidupsimpel.com

Hal unik yang pertama saat bulan Romadhon tiba adalah adanya segerombolan anak yang beramai-ramai bangunin orang sahur. Di tempaat penulis ini disebut Tongtek atau Tongtonglek gaes.

Biasanya rombongan anak-anak ini (mungkin juga ada orang tua) berkeliling kampung sambil berteriak saaahuuur……saaaahuuuurr….saaaahuuuur…..saaahuuur. Mereka juga membawa alat musik tradisional seperti kentongan dan bedug gaes. Bahkan ada juga yang bawa gitar dan drum. Pokoknya seru-lah gaes. Ini yang membuat fajar kamu jadi hidup dan meriah.

Baca juga:
Benarkan Islam Mengajarkan Kebencian dan Teror?
Teroris Tidak Beragama?
Problem Umat Islam Indonesia

Munculnya Takjil dan Kolak

www.infobdg.com

Sesuatu yang wajib ada selama Romadhon salah satunya yaitu takjil gaes. Biasanya di masjid-masjid atau kafe-kafe banyak yang menyediakan takjil gratis. Momen ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan remaja. Meramaikan Romadhon dengan berburu takjil gratis.

Lalu hal yang tak ketingalan hadir yakni kolak gaes. Kolak menjadi hidangan yang banyak dibuat oleh kebanyakan orang. Kolak dijadikan makanan pertama pembuka puasa karena manis dan pengantar makanan-makanan setelahnya. Kolak juga termasuk hidangan favorit saat Romadhon.

Buka Bersama atau Bukber

www.kompasiana.com

Tradisi yang amat sering kita jumpai pas Romadhon atau bulan puasa yakni buka bersama gaes. Pasti di antara kalian ada yang pernah buka bersama atau bukber. Bukber adalah momen yang istimewa gaes. Karena di situ kita bisa kumpul bareng keluarga, saudara atau temen-temen gaes. Justru di sini yang terlihat menyenangkan bukan apa makananya akan tetapi momen bersama kumpul bareng. Bisa sambil cerita dan kongkow-kongkow. Karena sejak sekian lama tidak ketemu lha berkat bukber jadi ketemu, silaturahim jadi terjalin. Mari agendakan buka bersama atau buka bareng gaes.

Berburu Baju Baru saat mendekati Lebaran

old.upeks.fajar.co.id

Hehe penulis yakin di antara kalian pasti banyak yang melakukan hal ini. Beli baju baru saat mendekati lebaran merupakan hal yang sepertinya wajib bagi masyarakat Indonesia di manapun berada. Dengan demikian pasar-pasar, toko-toko baju, distro-distro dan mall-mall jadi ramai seketika, karena dipenuhi orang yang berburu baju buat lebaran. Penulis kira ini fenomena yang unik gaes. Haha. Ada pesan dari penulis nih gaes. Ada baiknya kamu yang meramaikan akhir-kahir Romadhon buat berburu baju, karena baiasanya diskonnya gedhe-gedhean, akan lebih baiknya kamu mempernbanyak ibadah, karena bulan Romadhon semakin mendekati habis.

Baiklah gaes. Mungkin cukup itu dulu serba-serbi saat Romadhon tiba. Kamu bisa menambahi sendiri tradisi unik apa yang dilakukan orang saat Romadhon. Jangan lupa banyakin ibadah ya gaes waktu Romadhon ini. Karena pahalanya dilipatgandakan.


Sumber gambar sampul: palembang.tribunnews.com



Benarkah Islam Mengajarkan Kebencian dan Teror?

Saya rasa umat Islam harus berhenti berpura-pura bahwa berbagai aksi teror yang terjadi Indonesia dan banyak negara lain (seperti ISIS) tidak terkait dengan Islam.

Buat saya, sikap semacam itu salah. Buat saya, terorisme itu jelas terkait dengan Islam. Saya tidak ingin mengatakan Islam mendorong terorisme.

Tapi rasanya umat Islam harus mengakui bahwa ada banyak ayat dalam Al Quran yang kalau ditafsirkan secara sempit akan mendorong peperangan dan, bisa jadi, terorisme.

Baca juga:
Teroris Tidak Beragama?
Problem Umat Islam Indonesia
Bagi Kamu yang Pengen Cepet Kaya, Ada Baiknya Baca Tips-Tips Cepat Kaya Ini!

Saya kutip sebagian ayat-ayat Al Quran:

“Dan bunuhlah mereka (orang-orang kafir) dimana saja kamu jumpai mereka . . .” (QS Al-Baqarah 191)

“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menetang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. . . (QS Al Mujadilah 22)

“Apabila kamu bertemu (di medan perang) dengan orang-orang kafir maka pancunglah batang leher mereka” (QS Muhammad 4)

“Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, . . . Maka janganlah kamu jadikan siapapun di antara mereka sebagai orang-orang dekat, hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling , tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya,” (QS An-Nisa 89)

www.laporanpenelitian.com

Dan kalau sekarang kata ‘kafir’ di sana ditafsirkan sebagai kaum non-muslim, menjadi wajar kan kalau ada seorang muslim berpikiran sempit menganggap Allah memerintahkan dia untuk membunuh kaum non-muslim?

Mereka yang terkejut dengan betapa ayat-ayat al Quran mengandung semangat kekerasan harus sadar bahwa ajaran Islam dibawa Nabi Muhammad dalam suasana perang dan konflik fisik yang berdarah-darah. Nabi Muhammad sendiri terlibat dalam sejumlah peperangan. Karena itu dalam Al Quran, lazim ditemukan perintah membunuh. Tapi itu semua harus dibaca dalam konteks tertentu. Apa yang ditulis dalam Al Quran bukanlah perintah yang harus dipatuhi secara literal sebagai hukum yang berlaku sepanjang zaman.

Sebagai contoh, perintah membunuh orang kafir di Al Baqarah 191 itu harus dibaca dalam konteks ketika Nabi Muhammad dan para pengikutnya diperangi musuh-musuhnya. Konteksnya adalah: membunuh atau dibunuh. Dan kaum kafir di sana tidak bisa diterjemahkan begitu saja sebagai kaum non-muslim. Kaum kafir di sana adalah mereka yang memerangi Nabi Muhammad di masa ayat itu turun. Di abad-abad berikutnya, ketika muslim dan non-muslim tidak hidup dalam suasana perang, ayat itu harus ditafsirkan ulang sesuai dengan konteks ruang dan waktu.

www.telenews.pk

Yang ingin saya katakan, kalau Al Quran dibaca dengan cara sempit, bisa dipahami kalau ayat-ayat Al Quran yang luhur itu menjelma menjadi buku panduan perang dan terorisme bagi kelompok-kelompok tertentu.

Karena itu, kuncinya menurut saya adalah pendidikan Islam.

Kalau Islam terus diajarkan oleh para pemuka yang mengajarkan umat untuk begitu saja mengikuti perintah mereka, untuk begitu saja menjalankan perintah dalam Al Quran secara apa adanya tanpa pemikiran kritis, tanpa ada dialog dan diskusi, Islam memang bisa menjelma menjadi ajaran yang menakutkan.

Sebaliknya, kalau Islam diajarkan oleh pemuka yang menekankan keberagaman penafsiran, yang menekankan penggunaan alam pikir untuk memahami ayat-ayat Al Quran, yang percaya pada dialog dan diskusi, Islam bisa menjadi ajaran yang membawa kesejahteraan bagi sekalian alam.

Ade Armando, penulis adalah alumni mahasiswa jurusan komunikasi di FISIP Universitas Indonesia


Sumber gambar sampul: www.pulse.ng
Teroris Tidak Beragama?

Inspirasi Kita.com - Teroris itu beragama. Yang membuat mereka melakukan terorisme adalah interpretasi atas perintah agama yang mereka yakini.

INGAT, teroris memperjuangkan apa yang mereka yakini sebagai kebenaran. Kalau tidak beragama, apa yang mereka perjuangkan sampai-sampai rela dipenjara bahkan dieksekusi mati? Semangat beragama mereka justru menyala-nyala.

Sekarang pertanyaannya, mengapa mereka merasa memperjuangkan kebenaran, menjalankan perintah Tuhan? Karena memang ada ayatnya di dalam Alquran.

"Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan." (Alquran Surah Al Anfal :39)

Baca juga:
Problema Umat Islam Indonesia
Bagi kamu yang Pengen Cepet Kaya, Ada Baiknya Tips Cepat Kaya Ini!
Angin Puting Beliung Menggentayangi Jogja, Serem Bener Ihh

"Perangilah mereka, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman" (Alquran Surah At Taubah :14)

news.okezone.com

"Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (Alquran Surah At Taubah :123)

"Hai Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah neraka Jahannam dan itu adalah seburuk-buruk tempat kembali." (Alquran Surah At Tahrim :9)

"Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk." (Alquran Surah At Taubah :29)

www.viva.co.id

Tapi kan, ayat itu turun sesuai konteks dan tidak bisa dipahami begitu saja? Ada penafsiran-penafsiran terhadap semua ayat, jadi tidak bisa ditelan bulat-bulat.

Tepat sekali! Itulah kenapa orang-orang yang mengambil ayat perang, ayat perintah bunuh munafik, musyrik, serta kafir, sampai ayat soal perintah berpakaian itu tanpa dipahami maksudnya disebut kaum TEKSTUAL, bukan KONTEKSTUAL. Mereka mengambil dan menerapkan dalil dari Alquran maupun hadist secara literal, harfiah, sama persis dengan yang ditulis. Kenapa? Karena mereka ingin menjaga kesucian ayat dari penafsiran manusia yang akalnya terbatas dan kotor ini. Setinggi apapun derajat manusia itu. Tidak ada yang bisa menyamai dan memahami Allah sepenuhnya. Jadi, jalankanlah saja seperti yang Allah perintahkan, jangan diubah-ubah sesuai persepsi dan hawa nafsu manusia.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah tafsir. Karena tidak seperti skripsi atau kurikulum, kitab suci tidak bisa direvisi, tidak bisa diubah walau satu huruf pun. Oke, kita memang tidak bisa mengubah bunyi ayat-ayat bunuh, tapi kita bisa mengubah tafsirannya menjadi lebih manusiawi dan diterima oleh dunia, relevan dengan kemajuan zaman. Hal-hal inilah yang ditolak oleh kaum tekstualis.

www.reddit.com

Berarti oknum-oknum teroris kaum tekstualis itu memperburuk citra Islam. Islam kena getah kelakuan mereka.

Ya. Tentu saja.
Tapi... Jangan menggunakan standar ganda juga. Kalian mau citra Islam jadi baik, ramah, dan toleran kan? Tapi di saat yang sama, ustadz dan orang-orang yang menjalankan agama dengan lentur, moderat, damai, makrifat, jadi tarekat/sufi, membuat penafsiran yang lebih humanis terhadap dalil, kemudian mereka semua kalian cap dan kalian bully sesat, liberal, beragama setengah-setengah, bid'ah, syiah, munafikun, tidak kaffah, tidak syar'i.

Kalian memusuhi orang yang justru sedang berusaha menyelamatkan wajah Islam dari citra agama barbar dan kejam. Jadi sebeneranya kalian mau yang merepresentasikan Islam adalah kaum fundamental dan radikal seperti FPI, HTI, Ikhwanul Muslimin, bahkan teroris yang kalian sebut mujahidin pejuang agama itu?

Ya sudah. Terserah.
Berarti kalian satu kaum dengan mereka yang tidak peduli dengan apapun kecuali merasa tengah melakukan kebenaran.

Afi Nihaya Faradisa, penulis adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Sumber gambar sampul: www.liputan6.com
Problem Umat Islam Indonesia

Inspirasi Kita.com - Salah satu problem mendasar (sebagian) umat Islam di Indonesia sehingga mudah sekali digiring kesana-kemari kayak BBB: Blekok Baris Berbaris adalah mereka tidak bisa membedakan mana Islam sebagai sebuah "doktrin dan ajaran" dan mana yang merupakan produk geo-kultural masyarakat Timur Tengah.

Akibatnya, banyak sekali terjadi kesimpang-siuran dimana yang "doktrin dan ajaran" Islam fundamental-universal diabaikan, sementara yang pernik-pernik produk geo-kultural Timur Tengah malah dijadikan sebagai ajaran normatif Islam dan dibela mati-matian.

Kenapa itu bisa terjadi? Karena para penyuplai diskursus keislaman (apakah itu bernama dai, ustad, khotib, dan sejenisnya) miskin sejarah sosial dan wawasan geo-kultural Timur Tengah. Mereka hanya tahu (sedikit maupun banyak) ayat ini-itu, hadis ini-itu, qaul ulama ini-itu. Sudah itu doang.

Baca juga:
Bagi Kamu yang Pengen Cepet Kaya, Ada Baiknya Baca Tips Cepet Kaya Ini!
Angin Puting Beliung Menggentayangi Jogja, Serem Bener Ihh
Sejarah Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW dan Sejarah Pensyari'atan Sholat Lima Waktu

Karena "nol jumbo" sejarah sosial dan wawasan geo-kultural Timur Tengah, maka mereka kalau ngomong cenderung ngawur "Joko Sembung naik ojek", sama sekali tidak akurat, ilmiah, faktual, sosiologis, dan historis

islamidia.com

Pada saat yang sama, budaya masyarakat Muslim di Indonesia itu pada umumnya hanya sebatas "budaya mendengar" sehingga informasi apapun yang mereka dengar apalagi dari "ustad" langsung dimakan, dikunyah, dan ditelan, tanpa memperhatikan validitas, akurasi, dan rasionalitas informasi tersebut.

Malas membaca dan mencari informasi yang valid dan akurat itu membuat kaum Muslim gampang sekali dikibuli dan dibodohi oleh para petualang Islam, makelar agama, dai amatir, dan ustad odong-odong wudel bodong merk 212.

Pertinyiinnyi: memang bener sejumlah "ulama 212" menemui Pak Jokowi? Kalau bener, ini namanya ada "Partai Tuhan" menghadap "Partai Hantu". Jaga harga diri dan "martabat ketuhanan" dong cung, apa kata dunia entar bos.

Prof. Sumanto Al-Qurtuby, penulis adalah dosen Antropologi di King Fahd University of Potreleum & Minerals Arab Saudi


Sumber gambar: quran.masbadar.com



Bagi Kamu yang Pengen Cepet Kaya, Ada Baiknya Baca Tips-Tips Cepat Kaya ini!

Inspirasi Kita.com - Tentu tips-tips yang bakal ane bagikan kali ini tips yang masuk akal dan bisa dilakukan oleh kebanyakan orang, gan. Bukan yang aneh-aneh kayak, pesugihan, ngepet, ternak tuyul dan sebagainya. Jadi kamu yang sampai sekarang bingung mau ngapain, mau usaha kok nggak kaya-kaya, ya. Nah, ini pas banget kamu baca artikel ini.

Tentunya tidak ada yang instan di dunia ini, gan. Mie instan aja, kagak instan langsung bisa dimakan, gan. Harus direbus dulu. Kamu di sini juga perlu usaha. Akan tetapi gimana usahanya kan masih bingung. Maka, tidak ada salahnya kamu setelah baca artikel ini langsung praktekin. Berikut tips-tips cepat kaya versi Inspirasi Kita.com;

Menabung


www.cermati.com

Yaps, bagi kamu yang pengen kaya biasakanlah sisihkan uang kamu untuk menabung. Ini memang tips klasik, akan tetapi benar-benar manjur. Dan ini bisa dipraktikan oleh semua kalangan. Mulai dari pelajar, pekerja hingga pengusaha. Bila ingin cepat kaya, menabunglah

Belajar kata-kata bijak di masa kecil kita “menabung pangkal kaya.” Kata-kata tersebut memang benar adanya. Mulailah dari sekarang sekecil apapun nominal uangmu. Menabung untuk masa depan. Bila kamu masih bergaya hidup hedonis atau suka foya-foya, kurangilah mulai sekarang. Kalau dipikir-pikir buat apa sih mewah-mewahan kalau sederhana lebih bermakna. Hehe.

Baca juga:
Angin Puting Beliung Menggentayangi Jogaj, Serem Bener Iiihh
Perjalanan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad dan Sejarah Pensyariatan Sholat Lima Waktu
Hal-hal yang Dilakukan Cowok Pas Galau, Kamu Harus Tahu

Punya Usaha Sampingan



www.sipolos.com

Tips kali ini sangat cocok untuk semua kalangan. Baik yang kerja di kantoran, pedagang, petani, hingga pelajar. Banyak macamnya usaha sampingan ini. Semisal bisnis online, punya kedai kopi, jadi reseller atau dropshiper, jualan gorengan atau bikin kedainya, jadi driver ojek online dan masih banyak lagi.

Tentunya kesemua pekerjaan atau usaha tadi tidak boleh mengganggu pekerjaan utamamu. Lakukanlah di waktu senggangmu. Serta tekuni dengan penuh kesabaran, siapa tahu ia menjadi jalan rizkimu menjadi orang kaya. Nggak tahu siapa nasib orang. Kita Cuma disuruh untuk usaha dan usaha dibarengi dengan doa. Urusan hasil bukan wilayah kita lagi.

Jadikan Hobi sebagai Penghasilan


www.dedydahlan.com

Pertanyaannya emang bisa dijadiin buat lahan pengahsilan? Ya bisa!! Bahkan sangat bisa. Biasanya hobikan cuma dijadikan rutinitas buat mengisi kekosongan waktu. Akan tetapi bagaimana kalau rutinitas buat mengisi kekosongan waktu itu jadi uang. Mungkin? Sure?

Semisal kamu yang suka sama dunia kepenulisan bih, hobi banget sama yang namanya nulis, kamu bisa memanfaatkan kesukaanmu itu untuk menghasilkan uang. Caranya? Banyak banget, kamu bisa ngirim tulisan di koran, portal online yang berbayar, penulis bayaran, hingga menjadi blogger. Begitupun kamu yang hobi mengambar atau melukis, kamu bisa menerima orderan atau gambaran kamu bisa kamu jual. Lalu kamu yang suka dunia seni, misalnya gitar kamu bisa buat video tentang bermusik kemudian kamu upload di you tube, bisa juga kamu gabung komunitas music professional. Tentunya masih banyak lagi peluang hobi untuk mengahsilkan pundi-pundi rupiah tergantung kreativitas kamu.

Oke mungkin cuku itu dulu gan. Semoga bermanfaat. Yang terpenting yakin dan optimis.


Sumber gambar sampul: www.riau24.com

Angin Puting Beliung Menggentayangi Jogja, Serem Bener Iihh

Inspirasi Kita.com - Siang menjelang sore ini (24/4) cuaca kebanyakan di seluruh kota Yogyakarta terlihat cukup cerah namun diselimuti mendung. Namun tidak untuk daerah sekitar kampus UIN Sunan Kalijaga dan jalan Timoho. Hujan deras mengguyur daerah ini disertai angin puting beliung yang memporak-porandakan kota.

Seorang saksi mata, mahasiwa jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga yang berinisial N (karena enggan disebut namaya) mengatakan bila angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Angin menyapu bangunan rumah, gedung, pohon dan fasilitas umum lainnya.

“Ada pohon tumbang di depan kampus APMD dan juga ada halte yang rubuh,” jelas mahasiswa tadi.

Baca juga:
Perjalanan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW dan Sejarah Pensyariatan Sholat Lima Waktu
Hal-hal yang Dilakukan Cowok saat Galau, Kamu harus Tahu
Hal-hal yang Dilakukan Cewek saat Galau, Kamu harus Tahu

Ia sendiri merasa ketakutan karena angin berhembus sangat kencang. Namun ia heran kepada kebanyakan orang waktu ada angin puting beliung tadi, justru mereka bukannya menyelamatkan diri akan tetapi mereka malah merekamnya dan menjadikannya story di instagram.

“Benar-benar orang zaman now,” pungkas mahasiswa yang enggan disebut namanya itu.

Meskipun angin puting beliung dan hujan deras melanda, untungnya tidak ada korban jiwa. Aktivitas warga Jogja juga juga sudah berjalan seperti biasanya.

Laili Isna, seorang mahasiswa jurusan PBA UIN  dan juga warga asli Jogja menyatakan bila dirinya kaget atas teragedi tersebut. Sebab di daerah lain di Jogja justru tidak terjadi hujan apalagi angina puting beliung.

“Saya kaget sih mendengar ada angin puting beliung di Jogja, khususnya sekitar UIN. Lha wong saya di sini, Gedong Kuning cuaca cuma mendung kok,” tambahnya


Liat tayangan lengkapnya di sini:















Perjalanan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan Sejarah Pensyari’atan Sholat Lima Waktu

Inspirasi Kita.com - Isro mi’roj adalah sejarah perjalanan yang menakjubkan. Hal ini telah Allah ceritakan dalam firmannya di Al- Qur’an. Kata isro sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya perjalanan. Dikutip dari kitab tafsir Al Jalalain, al-isro bermakna perjalan di waktu malam hari. Sedangkan mi’roj berarti masa atau waktu perjalanan dari Baitul al Maqdis menuju ke Sidrotul al Muntaha. Secara lengkap isro mi’roj adalah sebuah perjalan di malam hari dari Masjid al Haram (Mekkah) menuju ke Masjid al Aqsho (Palestina) kemudian naik menuju ke Sidrotul al Muntaha. Ajaibnya perjalanan ini hanya dilakukan kurang dari satu malam.

Perjalanan yang sungguh diluar nalar ini benar adanya. Dalam perjalanannya Nabi menggunakan Buroq. Buroq yaitu makhluk melata yang berwarna putih, berukuran lebih besar daripada keledai namun lebih kecil dari kuda. Dikatakan juga dalam sebuah cerita, bahwa Buroq memiliki sayap. Dengan Buroq Nabi diantarkan dari Makkah ke Palestina.

Baca juga:
Hal-hal yang Dilakukan Cowok saat Galau, Kamu Harus Tahu
Hal-hal yang Dilakukan Cewek saat Galau, Kamu Harus Tahu
Alasan Mengapa Kamu Menikah Muda

Kemudian Allah menaikkannya menuju Sidrul al Muntaha. Sebelum menuju ke langit, Nabi terlebih dahulu sholat dua rakaat di Baitul al Maqdis (Palestina). Di temani malaikat Jibril Nabi menuju ke langit dunia ( langit pertama). Kemudian Jibril membuka pintu langit, ditanya sang penjaga langit pertama. “Siapa kamu?” Jibril menjawab “Jibril”. Ditanya lagi “siapa yang bersamamu?” kemudian ia menjawab “Muhammad Rosulullah”. Di langit pertama inilah Nabi bertemu dengan Nabi Adam. Nabi Adam pun mendoakan Nabi dengan kebaikan.

tibbits.org

Nabi dan Jibril pun naik lagi menuju langit kedua. Sama seperti di langit pertama. Sambutan dan pertanyaan dari sang penjaga pintu selalu dijawab oleh Jibril layaknya ia menjawab pertanyaan pertama. Dilangit kedua Nabi bertemu dengan nabi Yahya dan Isa. Lanjut lagi naik ke langit ke tiga. Nabi bertemu dengan nabi Yusuf. Naik terus menuju ke langit empat. Nabi bertemu dengan nabi Idris. Perjalanan yang begitu menyejukkan. Menuju langit ke lima, Nabi yang terus ditemani Jibril bertemu nabi Harun di dalamnya. Tak sampai disitu, Nabi melanjutkan perjalanannya menuju ke langit enam hingga beliau bertemu dengan nabi Musa. Pada akhirnya Beliau terus naik dan sampai kelangit tujuh. Nabi menemukan sosok nabi Ibrahim yang sedang bersender di Bait al Makmur. Perlu diketahui Bait al Makmur adalah tempat tawafnya para malaikat. Yang konon katanya tempat ini berada di atas Ka’bah persis. Setiap hari 70.000 malaikat memasuki Bait al Maqdis tanpa pernah ada yang keluar. Masyaallah .

Tak cukup sampai itu, Jibril mengajak Nabi naik lagi hingga sampailah Nabi ke tempat yang namanya Sidrotul al Muntaha . di sinilah Nabi mendapat wahyu pensyariatan. Allah memerintahkan kepadanya dan umatnya peribadahan berupa sholat lima puluh kali dalam sehari. Tanpa meminta apapun Nabi turun. Bertemulah Beliau dengan Nabi Musa. Ditanya “Apa yang Tuhan perintahkan padamu dan umatmu?” Nabi menjawab “Allah telah memerintahkan sholat lima puluh kali setiap hari”. Mendengar itu Nabi Musa meminta Nabi untuk naik kembali meminta keringanan. “Naiklah! Mintalah keringan pada Allah. Karena umatku saja yang kuat pun tak sanggup melakukannya,” ujar nabi Musa. Nabi kemudian naik dan meminta keringanan. Allah memberikan keringanan,hingga di kurangilah jumlah sholat itu menjadi empat puluh lima. Turun bertemu nabi Musa lagi dan ditanya seperti sebelumnya. Nabi menjawab “Allah menguranginya lima rakaat”. “Kembalilah!” suruh nabi Musa lagi. Hal itu berlangsung berulang-ulang . berkurang lima, lima, lima, hingga Allah berkata “ Hai Muhammad, cukuplah bagimu dan umatmu sholat lima kali sehari semalam dengan setiap sholatnya sepuluh rakaat”. Kemudian Nabi turun membawa berita itu. Sesampainya bertemu nabi Musa , masih saja nabi Musa meminta Nabi untuk meminta keringan. Hinggga finalnya, Allah mengabulkan permintaan Nabi. Andaikan bukan karena Nabi Muhammad SAW, sungguh berat syariat sholat itu.

medium.com

Setelah mendapatkan wahyu, Nabi turun dengan terus berdoa dan akhirnya menjadikan doa tersebut selalu kita lafadkan dalam sholat kita. Doa tahiyyat dan sholat lima waktu adalah buah perjalanan ajaib Nabi. Pensyariatan sholat turun kepada kita berkat Nabi. Sholat yang hanya lima kali sehari adalah hasil negosiasi lembut seorang Tuhan dengan kekasihnya. Jelaslah sudah, betapa Nabi berkorban demi umat. Karena Nabi tau, mana yang berat bagi kita dan yang mampu kita lakukan. Begitulah Nabi, kelembutan dan kasih sayangnya kepada umat tak pernah susrut darinya. Allahumma sholli ala sayyida Muhammad.

Cerita ini saya kutip dari kitab tafsir jalalen, semoga bermanfaat

Dwi Ariya Gunawan, penulis adalah alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati


Sumber gambar sampul: bersamadakwah.net
Hal-hal yang Dilakukan Cowok saat Galau, Kamu Harus Tahu

Inspirasi Kita.com - Galau merupakan hal yang wajar di dunia ini. Tidak peduli pekerjaannya apa. jabatannya apa. status sosialnya apa, kelaminnya apa, suku apa, etnis dan rasnya apa. Galau merupakan hal yang wajar dialami manusia di bumi ini. Justru kamu yang tidak pernah galau itu perlu dipertanyakan, apakah situ manusia apa nggak? Hehe. Intinya galau bukan hal yang memlukanlah.

Pada postingan kemarin penulis membahas tentang hal-hal yang dilakukan cewek ketika galau. Nah, pada postingan atau artikel kali ini penulis akan membahas perihal apa saja yang biasanya dilakukan cowok saat galau. Memang ada kesamaan sih, apa yang dilakukan cewek dan cowok saat galau. Akan tetapi ada perbedaannya juga. Berikut akan penulis paparkan hal-hal yang dilakukan cowok saat galau.

Memilih Berdiam Diri


www.hipwee.com

Biasanya cowok pas galau memilih untuk berdiam diri atau melamun. Karena cowok itu memang tidak mudah untuk menceritakan masalahnya kepada orang lain. Yah, walau ada cowok yang menceritakan masalahnya, sih. Ini untuk keseluruhan masalah, baik karena percintaan, misal diputus cewek, ditolak cewek, atau dalam kasus pendidikan semisal proposal skripsinya ditolak serta masalah-masalah yang lain.

Hehe. Memang karena Allah menciptakan cowok dominan di otak sih, gaes. Beda dengan cewek yang lebih dominan di perasaan. Makanya cowok suka berdiam diri atau bengong kalau ada masalah.  Ia berdiam diri untuk berpikir dan mencari solusi. Hingga kadang ia tak sadar kalau terlalu memforsir pikirannya atau dalam istilah bahasa jawanya mbatek pikiran.

Baca juga:
Hal-hal ang Dilakukan Cewek Pas Lagi Galau, Kamu Harus Tahu
Alasan Mengapa Pas Malam Minggu Kamu Tidak Pergi Keluar Rumah

Mengerjakan Hobinya


wow.tribunnews.com

Hobi dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dalam hidup. Tak terkecuali bagi cowok yang lagi galau. Mereka biasanya memilih menghilangkan galaunya dengan melakukan hobinya. Hobi ada banya sekali sih,, ada yang olahraga, nge-band, nulis, main game dan masih banyak lagi.

Mendengarkan Musik


linetoday-template.blogspot.co.id

Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Baik cewek dan cowok. Seperti yang telah penulis jelaskan di artikel tentang hal yang dilakukan cewek saat galau, cowok ternyata juga suka mendengarkan lagu saat galau. Baik itu musik rock, pop, keroncong, jazz, tradisional dan sebagainya. Bahkan cowok tidak jarang mendengarkan lagu yang mewakili perasaan mereka ketika galau, baik itu karena percntaan, pertemanan, agama, keluarga dan yang lain. Ini juga bisa disebut bahasa dalam diam

Kumpul Bareng Temen


www.hipwee.com

Kumpul bareng temen merupakan hal yang sering dilakukan cowok waktu galau. Kumpul bareng temen adalah cara cowok untuk menghilangkan kegalauannya. Dengan kumpul bareng temen, cowok bisa main bareng, bercanda tawa, bercengkrama dan lainnya. Ini tentu bisa mengurangi efek dari kegalauannya. Jadi saran buat kamu yang lagi galau nih gaes, sering-seringinlah kumpul bareng temen. Karena dengan kumpul bareng kamu mendapatkan suasana baru, masukan-masukan, bahkan solusi atas masalah kamu.

Oke mungkin cukup itu dulu gaes artikel hal-hal yang dilakukan cowok pas lagi galau. Thanks for read, ya.


Sumber gambar sampul: simpelnew.blogspot.co.id