Tradisi dan Hal-hal Unik yang Muncul ketika Bulan Romadhon


Bulan Romadhon merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di manapun berada. Di dalamnya seluruh umat muslim pada umumnya diwajibkan untuk berpuasa. Selain itu umat muslim juga berlomba-lomba dalam kebaikan karena di bulan ini, pahala kita akan dilipatgandakan setiap melakukan amal sholih.

Aktivitas pada bulan puasa biasanya berbeda daripada bulan-bulan non puasa. Semisal aktivitas di sekolah dikurangi seperti mengurangi jam belajar di sekolah dan masih banyak lainnya. Selain itu ada suasana dan budaya yang berbeda ketika menginjak bulan romadhon. Selamat puasa ya gaes. Jangan lupa bahagia. Dan siapin pertanyaan yang muncul waktu lebaran nanti “Kamu nikah kapan?” Hahahah. Okelah gaes daripada berpanjang lebar mending kita bahas hal apa saja sih yang biasanya kita temui di bulan Romadhon atau bulan puasa?

Bangunin Orang Sahur

hidupsimpel.com

Hal unik yang pertama saat bulan Romadhon tiba adalah adanya segerombolan anak yang beramai-ramai bangunin orang sahur. Di tempaat penulis ini disebut Tongtek atau Tongtonglek gaes.

Biasanya rombongan anak-anak ini (mungkin juga ada orang tua) berkeliling kampung sambil berteriak saaahuuur……saaaahuuuurr….saaaahuuuur…..saaahuuur. Mereka juga membawa alat musik tradisional seperti kentongan dan bedug gaes. Bahkan ada juga yang bawa gitar dan drum. Pokoknya seru-lah gaes. Ini yang membuat fajar kamu jadi hidup dan meriah.

Baca juga:
Benarkan Islam Mengajarkan Kebencian dan Teror?
Teroris Tidak Beragama?
Problem Umat Islam Indonesia

Munculnya Takjil dan Kolak

www.infobdg.com

Sesuatu yang wajib ada selama Romadhon salah satunya yaitu takjil gaes. Biasanya di masjid-masjid atau kafe-kafe banyak yang menyediakan takjil gratis. Momen ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan remaja. Meramaikan Romadhon dengan berburu takjil gratis.

Lalu hal yang tak ketingalan hadir yakni kolak gaes. Kolak menjadi hidangan yang banyak dibuat oleh kebanyakan orang. Kolak dijadikan makanan pertama pembuka puasa karena manis dan pengantar makanan-makanan setelahnya. Kolak juga termasuk hidangan favorit saat Romadhon.

Buka Bersama atau Bukber

www.kompasiana.com

Tradisi yang amat sering kita jumpai pas Romadhon atau bulan puasa yakni buka bersama gaes. Pasti di antara kalian ada yang pernah buka bersama atau bukber. Bukber adalah momen yang istimewa gaes. Karena di situ kita bisa kumpul bareng keluarga, saudara atau temen-temen gaes. Justru di sini yang terlihat menyenangkan bukan apa makananya akan tetapi momen bersama kumpul bareng. Bisa sambil cerita dan kongkow-kongkow. Karena sejak sekian lama tidak ketemu lha berkat bukber jadi ketemu, silaturahim jadi terjalin. Mari agendakan buka bersama atau buka bareng gaes.

Berburu Baju Baru saat mendekati Lebaran

old.upeks.fajar.co.id

Hehe penulis yakin di antara kalian pasti banyak yang melakukan hal ini. Beli baju baru saat mendekati lebaran merupakan hal yang sepertinya wajib bagi masyarakat Indonesia di manapun berada. Dengan demikian pasar-pasar, toko-toko baju, distro-distro dan mall-mall jadi ramai seketika, karena dipenuhi orang yang berburu baju buat lebaran. Penulis kira ini fenomena yang unik gaes. Haha. Ada pesan dari penulis nih gaes. Ada baiknya kamu yang meramaikan akhir-kahir Romadhon buat berburu baju, karena baiasanya diskonnya gedhe-gedhean, akan lebih baiknya kamu mempernbanyak ibadah, karena bulan Romadhon semakin mendekati habis.

Baiklah gaes. Mungkin cukup itu dulu serba-serbi saat Romadhon tiba. Kamu bisa menambahi sendiri tradisi unik apa yang dilakukan orang saat Romadhon. Jangan lupa banyakin ibadah ya gaes waktu Romadhon ini. Karena pahalanya dilipatgandakan.


Sumber gambar sampul: palembang.tribunnews.com



Latest
Next Post

post written by: