Basuki Endah Priyanto, Tokoh Indonesia yang Sukses di Luar Negeri

                                             

Basuki Endah Priyanto, Tokoh Indonesia yang Sukses di Luar Negeri - Berbicara mengenai Indonesia tidak melulu soal yang buruk-buruk lhoh Sob. Hehe bukan hanya teroris, kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, pembunuhan dll. Perlu sobat tahu nih. Ada salah seorang warga Indonesia yang sukses meniti karir di luar negeri . Hehe jangan salah sangka dulu, tokoh sukses ini bukan sebagai TKW. Dialah Basuki Endah Priyanto pria kelahiran Bandung ini  sekarang telah menempati posisi penting di perusahaan teknologi telekomunikasi Sony Mobile Communications, sebuah perusahaan telekomunikasi asal Swedia. Penasaran kan bagaimana bisa tokoh sukses bangsa  yang satu ini  berkarir di dunia Internasional? Berikut ulasannya.








Perjalanan Sejarah Basuki Endah Priyanto


Sebelum menembus persaingan kerja yang ketat di Swedia,  tokoh sukses kita ini merupakan alumnus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro dengan predikat cumlode.  Fantastis bukan?



Gambar: /lh4.googleusercontent.com


Kemudian Basuki  adalah melanjutkan program doktoral di Aalborg University, Denmark mengambil jurusan Wireless Communications.riset dan pengembangan merupakan fokus yang ia utamakan. Tokoh sukses ini  berpandangan bahawa hanya dengan riset, dunia bisa lebih maju. Makanya ketika ia masuk ke bidang Wireless Communications ia memfokuskan diri untuk riset. Hal inilah yang mengantar suami dari doter Ihdina Sukma Dewi  akhirnya ditarik masuk oleh perusahaan besar,  Ericsson AB yang berada di Swedia.  Inilah awal mulai karir profesional Basuki di Swedia. Di sana ia mendapat tempat di unit riset dan pengembangan, cocok dengan yang pernah ia pelajari.

Perusahaan lain yakni Huawei Technologies, empat tahun kemudian   tertarik untuk menempatkannya di posisi yang cukup startegis yakni di bagian Senior Specialist Algorithm Design. lalu ia pindah perusahaan baru  yaitu di Lund, Swedia.  Pengembangan teknologi internet 4G, menjadi fokus Basuki Endah ketika berkarir di Huawei Basuki.

Angin segar melambungkan karir Basuki Endah Priyanto saat perusahaan Sony Mobile Communications di Swedia menawarkan posisi yang strategis yakni di Master Engineer, Connectivity – Research. Dari sini karirnya bisa dibilang dibilang semakin cemerlang. Bahkan bangsa ini patut berbangga padanya Tokoh kita ini.  Sebab kemudian ia ditunjuk  untuk menjadi ketua  riset teknologi generasi terbaru yaitu 5G.

Tak hanya itu, bahkan saat ini ia menjadi Perwakilan di Badan Teknologi Dunia. Selain berbagai paten yang telah ia ciptakan, salah satu pencapaian terkerennya yakni ia menjadi  3GPP (peserta Badan Standarisasi Komunikasi Selular Dunia), sebagai perwakilan dari Sony . 3GPP adalah kumpulan perwakilan  perwakilan dari perusahaan-perusahaan kece yang berada di dunia Internasional



Mimpi Besar untuk Negeri

Meskipun tokoh sukses kita ini telah merintis karir di luar negeri nih Sob. Itu tak serta merta membuat si tokoh kita  berleha-leha. Suatu saat nanti ia ingin mewarnai dunia telekomunikasi tanah air . Katanya nih Sob, salah satu kunci sukses Basuki ialah tak cepat menyerah. Ia  sempat ditolak saat pertama kali daftar doktoral di Aalborg Universitet. Dan baru diterima setelah mendaftar lagi beberapa minggu setelahnya. 

Ada hikmah yang bisa Basuki Endah Priyanto petik, bahwasannya topik penelitian  kedua ternyata lebih tepat daripada topik yang pertama. Ia sanga senang sekali karena mampu menemukan lebih cepat teknologi yang akan booming di masa yang akan datang . Apalagi bia gagsan itu dipakai di telepon genggam dan digunakan jutaan orang.



gambar: s3-ap-southeast-1.amazonaws.com


Di sisi lain, dia mengaku ada hal yang kurang menyenangkan berkiprah di Eropa. Tokoh sukses kita ini menyatakan enggak enak karena bekerja di luar negeri. Alasannya, membuatnya tinggal jauh dari keluarga, terutama orangtua.

Oleh karena itu, salah satu tantangan besarnya adalah bagaimana bisa berkiprah di Indonesia meski hal itu relatif masih sulit. Sebab sampai hari ini Indonesia hanya negara  konsumen belaka. Ironisnya, belum banyak upaya pemerintah yang nyata untuk membuat Indonesia jadi lebih mandiri di bdang telekomunikasi. 

Sebagai putera Indonesia, ia bereinginan agar orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan tergabung dalam wadah Diaspora Indonesia bisa membangun  jejaring global. Di jejaring ini, anggota-angota Diaspora Indonesia bisa saling berkomunikasi dan bekerjasama, terutama mengenai potensi masing-masing.

Ini adalah salah satu tokoh dan putra keren bangsa. Ayo kita buktikan Sob, jika kita mau kita bisa. Semoga menginspirasi  Salam Inspirasi.


Baca juga!
Tokoh sukses Penemu Sperma Asli Indonesia!
M. Amin Abdullah, Filsuf dan Ilmuwan Muslim Indonesia dari Pati
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
26 July 2015 at 06:38 ×

:D ane juga mau nya gitu gan, bisa cari duit di negeri orang. tapi paling pengen ya cari uang nya di swiss biar adem ayem :D

Reply
avatar
Agus JP
admin
26 July 2015 at 15:51 ×

Good article, bro hehehe

Reply
avatar
ahmad solkan
admin
26 July 2015 at 21:34 ×

hahay maksih maksih sob,, udah maen ke sini hihi

Reply
avatar
ahmad solkan
admin
26 July 2015 at 21:35 ×

wkwkw gak ke korea aja biar liat boyband haha

Reply
avatar
Dewi Ratna
admin
12 March 2016 at 01:43 ×

contoh yang perlu ditiru ini..

Reply
avatar