Thursday 1 September 2016

Tips dan Cara Merawat Smartphone agar Awet dan Tak Cepat Rusak


Inspirasi Kita - Tips dan cara merawat smartphone agar awet dan tak cepat rusak ini sangat penting bagi smartphone kamu.  Sebab, hal ini bisa menyebabkan gadget kamu aman dan peformanya stabil.

Melakukan pencegahan lebih baik dari mengobati. Seperti pada smartphone, merawat dengan benar dan baik tentu lebih baik dari pada nantinya rusak dan harus dibengkelkan. Melihat pengguna smartphone yang semakin bertambah serta tidak hanya kalangan dewasa dan remaja saja, anak-ank pun sudah menggunakan smartphone. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara merawatnya. Tidak terlalu rumit dan tidak mahal.

Pada postingan kali ini, Inspirasi Kita akan membagikan tips dan cara merawat smartphone agar awet dan tidak cepat rusak:

pecials-images.forbesimg.com

Bagian Luar
Perawatan pada bagian ini meliputi, body, speaker, kamera. Pastkan bagian Smartphonemu bagian luar bersih dari debu. Bersihkanlah smartphonemu secara berkala dan keseluruhan. Untuk melindungi smarphone dari debu dan benturan gunakanlah silikon atau kondom hp

Selain itu kamera dan speaker juga harus kamu perhatikan. Untuk kamera kamu bisa memasang lensa khusus pada kamera agar aman dari hal-hal yang mengganggu peforma kamera. Sedangkan untuk speaker biasanya berlubang kecil, maka selain bersihkan dari debu juga hindarkan dari air atau benda logam kecil.

Bagian Sistem
Selanjutnya yaitu bagian sistem atau software. Setiap smartphone mempunyai kemampuan dan spesifikasi masing-masing, maka jangan paksakan smartphone kamu untuk menginstal banyak aplikasi apalagi game. Sebab hal ini akan berpengaruh pada OS smartphone kamu. Bisa saja lemot bahkan nge-blank.

Bagi kamu yang sering menginstal aplikasi selain dari toko resmi, berhati-hatilah. Mungkin saja aplikasi tersebut mengandung virus atau malware yang bisa berbahaya bagi smartphone kamu.

Tombol
Tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bila digunakan terus-menerus akan menurunkan fungsi tombol. Untuk itu, kamu harus efisien dan berhati-hati dalam menggunakan tombol atau keyboard.

Layar
Gunakan pelindung layar seperti anti gores atau yang lainnya untuk melindungi layar. Kamu harus berhati-hati dengan layar karena ia penting sekali. Walaupun sebenarnya ada layar anti gores seperti gorilla glass, super amoeled, dsb. Tetap saja tidak ada salahnya kamu berhati-hati.

Baterai


jalantikus.com

Cara merawat smartphone selanjutnya yakni merawat batereinya. Ya, baterei merupakan sumber daya dan energy. Sebagai penyupalai daya, ia harus mendapatan perawatan yang ekstra hati-hati. Perhatikanlah dengan seksama penggunaan baterai, apabila sudah mulai 10-15 persen cepatlah charger. Kita harus disiplin dalam melakukan ini, karena apabila baterai sampai habis atau menchargernya terlalu lama, itu bisa mengurani peforma baterai yang mengakibatkan baterai drop.

Gunakanlah charger original smarphone. Karena bisa saja output yang keluar dari charger lain  bisa lebih besar dan lebih kecil.

Perlu kamu ketahui, perawatan baterai yang kurang tepat dapat mengakibatkan masa  isi ulang smartphone lebih cepat menurun. Karena sebenarnya baterai mempunyai masa berapa kali isi ulang. Demikianlah perawatan baterai secara umum, sebab ada beberapa jenis dan macam baterai pada smartphone yang memerlukan perawatan khusus.

Melakukan Back up Data
Mulailah memback up data yang ada dalam smartphonemu secara berkala agar data aman. Tanpa kita tahu, sewaktu-waktu smartphone kita bisa saja mengalami kerusakan. Bisa saja data kita hilang bersama rusaknya smartphone, maka setelah kita melakukan back up data, kita hanya perlu melakukan restore saja. Dan data akan kembali.

Oke sob, demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat smartphoe tetap awet dan tidak cepat rusak. Supaya pefoma luar maupun dalam smartphone tetap stabil. Tips dan cara di atas merupakan langkah umum, m saya kira  cukup untu menjaga peforma smartphonemu. Semoga bermanfaat, Sob. Salam Inspirasi!!

Sumber gambar sampul: infogadgetkamu.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Mitos-mitos yang Sering Kita Dengar Pas Kita Kecil Dulu Part I

Waktu kita kecil dulu kita pasti sering dengar mitos yang dikatakan oleh orang tua kepada kita. Entah mitos itu tujuannya untuk mengontro...

Visitors