7 Kebiasaan Manusia yang Kurang Efektif


Inspirasi Kita - Hati-hatilah dengan kebiasaanmu. Kebiasaanmu bisa mengantarkan pada kesuksesan dan kegagalan. Kebiasaan itu perlu dilatih. Awal mulanya ia hanyalah sebuah kebiasaan saja, tapi kalau udah lama ia akan menjadi karakter kita. Maka ketahuilah terlebih dahulu, apakah kebiasaan itu berdampak baik bagi kita atau justru merugikan kita.

Berikut akan saya tulisakan 7 kebiasaan yang dapat menghambat kita serta tidak efektif dalam kehidupan  yang saya kutip dari buku The Seven Habbits of Highly Teens karya Sean Covey, Silahkan menyimaknya:

1. Bersikap Reaktif
2. Tidak Punya Tujuan Akhir
3. Melupakan Yang Utama
4. Berusaha Untuk Selalu Menang
5. Berusaha bicara dulu, baru kemudian pura-pura memahami
6. Tidak Mau Bekerja Sama
7. Mati-matian Walau Sudah Capek

Baca juga: 

Bersikap Reaktif
Selalu melaemparkan kesalahan pada orang lain. Merasa dirimu  cuma korban saja.  Tidak mau berjtanggung jawab kepada hidup sendiri. Bersikap mirip binatang, kalau lapar, makan. Kalau orang lain membentakmu, balas bentak. Kalau melakukan hal yang jelas-jelas keliru, justru malah dilakukan.

Tidak Punya Tujuan Akhir


silviaslriza17.blogspot.co.id

Tidak mempunyai rencana. Berpikiran bahwa besok sudah nggak ada hidup, hidup cuma hari ini saja. Tidak memikirkan akibat dan dampak ke depan atas tindakanmu hari ini. Tidur sesukamu, berpesta pora terus menerus, sebab pada dasarnya semua manusia juga akan mati kan?

Melupakan yang Utama
Tidak usah mengerjakan hal yang penting dalam hidup. Nonton TV over, ngobrol tiada habis-habisnya kayak orang gak ketemu 30 tahun, mejeng terus-terusan. Menunda-nunda tugas, intinya ndak kamu melakukan hal-hal yang sehrusnya tidak penting. Tidak punya pioritas.

Berusaha untuk Selalu menang
Pandanglah hidup ini sebagai persaingan yang kejam. Kamu harus menag, yang lain harus kalah. Jangan biarkan teman sekelasmu mengalahanmu, kalau itu terjadi kamu pasti yang kalah. Jangan biarkan orang lain sukses, kalau itu terjadi itu akan membuatmu menjadi manusia gagal. Kalau kamu tahu akan gagl, buatlah pesaingmu gagal juga. Kalau saya gagal orang lain harus gagal juga.

Berusaha Berbicara dulu, Baru Kemudian Pura-Pura Memahami


iyakan.com

Pastikanlah kamu banyak bicara. Toh, sudah kodratnya manusia banyak bicara. Ungkapkanlah pandanganmu dulu. Pura-pura mendengar, kalau udah yakin orang lain mendengar dan memahami pembicaraan kita. Mengangguk – angguk seolah mendengarkan, dan menjawab, “ Oh gitu ya,”. Atau bilang saja kamu ingin menndengarkan pandangan mereka, padahal hanya pura-pura.

Tidak Mau Bekerja Sama
Jangan mau bekerja sama dengan orang lain, toh mereka selalu punya gagsan yang beda dan tentu itu aneh. Mengapa harus akur dengan mereka? Mending kerjaan sendiri kalu punya gagasan paling baik. Ah, persetan orang lain, menghambat saja.

Mati-Matian Walau Sudah Capek


hellosehat.com

Sibukkanlah dirimu sedimikian rupa hingga tidak meluangkan untuk memperbaiki diri. Tidak belajar hal baru. Tidak olahraga. Tidak mau cari inspirasi yang lain, lewat bukukah, lewat Korankah dll.

Beberapa di antara kamu mungkin masih banyak yang melakukan kebiasaan-kbiasaan di atas. Kebiasaan bisa menghambat hidupmu atau membantumu. Sudah saatnya kita mengubah kebiasaan kita yang negatif menjadi positif dan efektif.

Berikut ada kata-kata dari orang bijak gaes,

Jagalah pikranmu, karena ia akan menjadi ucapanmu. Jagalah ucapanmu, karena ia akan menjadi tindakanmu. Jagalah tindakanmu, karena ia akan menjadi kebiasaanmu. Jagalah kebiasaanmu, karena ia akan menjadi karaktermuJagalah karaktermu, karena ia akan menjadi nasibmu.

Salam Inspirasi.

Baca juga: 
10 Tips Sukses Usia Muda



Sumber Gambar sampul: www.finansialku.com
Previous Post
Next Post

post written by: