Saturday 21 April 2018

Mbah Sahal Mahfudz, Sang Tokoh Ulama Nasional Asal Pati, Jawa Tengah


Inspirasi Kita.com - Baiklah kawan-kawan. Kali ini saya akan menceritakan kisah seorang tokoh asal Pati, Jawa Tengah. Beliau merupakan tokoh atau ulama besar yang pernah menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais ‘Aam PBNU. Sebenarnya dulu beliau merupakan salah seorang pengurus PWNU di Jawa tengah. Cuma saja karena kepakaran dan keluasan ilmu belaiu maka beliau didapuk menjadi Rais ‘Aam PBNU.

Beliau adalah KH MA Sahal Mahfudz, lahir pada 17 Desember 1937 di desa Kajen, Margoyoso Pati, Jawa dan meninggal di Pati pada, 24 Januari 2014 pada usia 76 tahun. Selama hidupnya beliau mengabdikan untuk islam. Beliau di Kajen memilik pesantren, yaitu PP Maslakul Huda Kajen Margoyoso Pati

Mbah Sahal sapaan umum tokoh ulama asal Pati ini, merupakan putra ketiga dari enam bersaudara, abahnya bernama mbah Mahfudz Salam serta ibunya bernama Hj Badi’ah. Kelima saudaranya yaitu, M. Hasyim, Hj. Muzayanah, Salamah, Hj. Fadhilah, Hj. Khodijah.

Baca juga:
Marwan Jakfar, Tokoh Nasional Santri dari Pati Jawa Tengah
Ulil Abshor Abdala, Cendekiawan dan Tokoh Islam dari Pati Jawa Tengah

Riwayat Pendidikan dan Karya Mbah Sahal Mahfudz


foto.tempo.co

Tokoh ulama asal Pati ini sudah sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan pesantren. Maka tidak heran bila beliau sudah sejak kecil memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam dan pesantren. Beliau merupakan rujukan bertanya bagi umat karena keluasan ilmu dan kemuliaan budi pekertinya.

Mbah Sahal Mahfudz mengawali dunia pendidikannya dengan masuk pada Perguruan Islam Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso, Pati. Selain itu beliau juga nyantri di Sarang Rembang, PP al-Anwar dibawah asuhan KH. Zubair, ayahanda Mbah Maimun Zubair, setelah sebelumnya mondok dan nyantri di pesantren Bendo Kediri, dibawah asuhan KH Muhajir.

Berbicara tentang karya beliau, Mbah Sahal merupakan ulama yang produktif dalam menulis. Beliau merupakan pakar fiqh dan menjadi tempat pemecahan masalah bagi umat. Berikut merupakan beberapa karya beliau: Thariqotul Hushul ila Ghoyahal Ushul, Al-Tsamaroh al-Hajainiyah, Luma’ Al-Hikmah ila Musalsalat al-Muhimmat, Al-Faroid al-Ajibah, Ensiklopedi ijma, Telaah Fiqh Sosial, Dialog dengan KH sahal Mahfudz, Nuansa Fiqh Sosial, dan masih banyak lagi.

Cukup sekian dulu ya, sob, ulasan penulis perihal biografi singkat Mbah Sahal Mahfudz Kajen Margoyoso Pati. Mari kita lantunkan bacaan suratul fatihah buat beliau, sob. Al-fatihah...


Sumber gambar sampul: www.muslimat-nu.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Mitos-mitos yang Sering Kita Dengar Pas Kita Kecil Dulu Part I

Waktu kita kecil dulu kita pasti sering dengar mitos yang dikatakan oleh orang tua kepada kita. Entah mitos itu tujuannya untuk mengontro...

Visitors